• Pdt. DR. Leonardo A. Sjiamsuri, MBA, M.Th
  • 30 Juni 2019
  • Ibadah Raya I - Pk. 07:00
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

MEMILIKI RASA TAKUT AKAN TUHAN

Sebagai orang Kristen terkadang hanya mengikuti Ibadah setiap minggu hanyalah sebuah rutinitas. Sehingga setiap minggu hanya ke gereja, dan saat di gereja kita dapat menjadi kuat, menjadi tegar, tetapi saat keluar dari ruangan gereja, kita kembali hidup seperti orang dunia. Sehingga kita mudah terpengaruh oleh apa yang terjadi disekitar kita, dan membuat kita diliputi oleh ketakutan demi ketakutan. Sementara dalam firman Tuhan mengatakan :

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.( 2 Tim. 1:7)

Rasa takut dapat di lihat dari 2 sisi, yaitu takut dari sisi negatif dan takut dari sisi Positif. Tetapi sebagian besar dari hidup kita menyikapi rasa takut dari sisi yang negatif. Sehingga hidup kita mudah di manfaatkan oleh iblis untuk dihantui rasa ketakutan demi ketakutan dari apa yang terjadi dalam kehidupan kita. Setiap hari kita di pengaruhi oleh apa yang ada di sekitar kita seperti social media dan berbagai media informasi yang ada disekitar kita sehingga membuat kita menjadi takut. dan rasa takut itulah yang akan di gunakan iblis untuk memanipulasi hidup kita dan kita mulai meninggalkan Tuhan.

Dari ketakutan manusia, Iblis mulai mempengaruhi orang kristen dengan memanipulasi arti dari Takut akan Tuhan. Tuhan bukanlah mafia yang membuat kita merasa takut dan terancam karena hukum-Nya. Takut akan Tuhan itu artinya Tuhan ingin kita memiliki rasa hormat dan kasih kepada Tuhan. Jadi kita harus memiliki rasa takut Akan Tuhan memiliki pemahaman yang benar tentang Apa itu Takut akan Tuhan.

Apa yang di maksud dengan Rasa Takut akan TUHAN :

1. Sadar secara penuh untuk tidak mempermalukan Nama Tuhan.

Sebagai orang kristen, kita harus sadar untuk tidak mempermalukan nama Tuhan melalui perbuatan, sikap dan perkataan kita. Jika kita takut akan Tuhan, kita akan menjaga Nama Tuhan dan mempermuliakan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan kita. Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu. (Maz. 119:10)

2. Hidup menjauh dari Kejahatan.

Orang yang takut akan Tuhan akan menjauhi dan benci kejahatan. Artinya kita tidak akan berbuat kejahatan dalam kehidupan kita hingga mempermalukan nama Tuhan. Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat. (Ams. 8:13)

Apa yang terjadi jika kita memiliki Rasa Takut akan Tuhan :

o Kita tidak akan sembarangan dalam bertindak dan mengambil keputusan.

o Tidak akan meremehkan Ibadah dan meninggalkan Ibadah.

o Mudah sadar akan kesalahan dan dosa.

o Memperoleh pengetahuan dan Hikmat (Ams.1:7)

o Akan memperpanjang Umur (Ams. 10:27)

3. Membangun hubungan Intim dengan Tuhan.

Membangun Hubungan yang intim dengan Tuhan melalui Doa, membaca Firman Tuhan dan hidup mengandalkan Tuhan. Hidup dengan mengikuti ibadah dan mendengarkan Khotbah tidak akan menjamin kita menjadi kuat dalam menghadapi setiap masalah dalam hidup kita, tetapi hanya dengan memiliki hubungan intim dengan Tuhanlah kita dapat melewati setiap masalah dalam hidup kita.

Tuhan ingin kita menjadi orang Kristen yang bukan hidup dalam ketakutan dunia ini, tetapi memiliki hidup dengan Rasa takut akan Tuhan. "Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh TUHAN, Allahmu, selain dari takut akan TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, berpegang pada perintah dan ketetapan TUHAN yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu. (Ula. 10:12-13). Hanya dengan memiliki rasa Takut dan sadar akan Tuhan dan Melakukan Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta menuruti segala jalan yang ditunjukkan-Nya, hidup kita akan di berkati dan senantiasa hidup dalam damai sejahtera. Amin.!

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"