• Pdm. Levi Samodro Supit
  • 30 Desember 2018
  • Ibadah Raya II - Pk. 09:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

KECIL ATAU BESAR

Tuhan tidak pernah membuat rencana bagi hidup kita sesautu yang negatif, buruk atau rencana yang kecil. Tetapi Tuhan sudah merancangkan bagi kita kehidupan yang terbaik, dan besar bagi hidup kita, walaupun terkadang kita harus melalui hal-hal yang tidak mengenakkan. Contoh seperti Yusuf. Rencana Tuhan bagi Yusuf adalah sebuah rencana besar, tetapi Yusuf harus melalui berbagai hal yang tidak nyaman seperti di Fitnah, di buang, dan semua itu harus dilalui Yusuf agar rencana Tuhan tergenapi dalam hidup Yusuf.

Yusuf dapat kuat melalui semua itu karena yusuf paham akan Rencana Tuhan bagi hidup nya, dan Yusuf memperkuat Iman, dan memupuk kekuatannya dari dalam bukan dari luar, karena jika Yusuf memperkuat dari luar seperti fisik atau kekayaan, maka Respon Yusuf akan memberontak dan menyalahkan Tuhan. seperti nya hidup kita, harus memperkuat yang ada di dalam yaitu Iman kepada Kristus, bukan sesuatu yang ada diluar. Jadi hidup kita harus “CHRIST CENTER” berpusat kepada Tuhan agar kita kuat dari dalam. Oleh sebab itu kita harus paham bahwa rencana Tuhan bagi hidup kita adalah rencana yang besar dan sempurna. "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.( Ayb. 42:2).

Untuk dapat memahami Rencana Tuhan yang besar bagi hidup kita, kita harus tetap dekat dan intim dengan Tuhan. Apa ciri-ciri orang yang sulit melihat kebesaran Tuhan / Melihat masalah lebih besar dari Tuhan :

1. Selalu menilai segala sesuatu GAK MUNGKIN.

Menilai sesuatu berdasarkan pikiran dan kemampuan nya sendiri, sehingga hidup tidak mengandalkan Tuhan. akibatnya jika mengalami masalah dan tidak mampu diselesaikan maka perkataan yang akan selalu keluar adalah TIDAK MUNGKIN.

2. Hidup dalam ketakutan dan kekhawatiran.

Hidup kita akan di lingkupi rasa takut dan kekhawatiran, selalu khawatir jika mendengarkan berita, dan cenderung reaktif dan merasa ketakutan. Iblis selalu menggunakan rasa Takut dan Kekhawatiran untuk menjatuhkan kita dan menjauhkan kita dari Kasih Tuhan. oleh sebab itu kita perlu intim dengan Tuhan dan memperkuat IMAN yang ada di dalam agar kita tidak lagi menjadi orang yang takut dan khawatir.

Ciri-ciri jika kita memandang Tuhan dengan cara yang benar :

1. Kita akan tetap Optimis

Kita akan tetap optimis memandang masalah yang masih ada di hidup kita, karena Kita tahu Tuhan selalu menyertai kita untuk melalui setiap permasalahan kita. Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!( Rat. 3:22-23)

2. Kita akan Hidup dalam Keheranan nya TUHAN

Tuhan sanggup menyediakan apa yang tidak terpikirkan, didengar oleh telinga, karena Tuhan lebih tahu apa yang kita butuhkan. Dari situlah kita akan terheran-heran melihat kebesaran Tuhan.

Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." (1 Kor. 2:)

Apapun yang terjadi di tahun 2018, kita harus tetap kuat dan melihat semua masalah itu kecil, karena Tuhan kita lebih besar. Memasuki tahun 2019, kita rubah cara hidup untuk lebih intim dengan Tuhan. Jadikan Tuhan sebagai Fokus Utama kita dari pada masalah kita, karena TUHAN Mampu menyelesaikan setiap masalah kita, dan membukakan jalan. Karena Tuhan Telah menyediakan RENCANA yang besar bagi kita, dan tidak ada rencana-NYA yang gagal. AMIN.!


"TUHAN YESUS MEMBERKATI"