• Ps. Edward Supit
  • 02 Desember 2018
  • 2PM - Pk. 14.00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

THE LIGHT

“Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan. Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian. Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api. Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.” (Yes. 9:2-6)

Identik perayaan natal adalah banyaknya hiasaan lampu-lampu dan pohon natal. “Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.” (Yoh. 1:5). “Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." (Yoh. 8:12). “Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.” (Yoh. 12:46).

Pernahkah anda mengalami kegelapan total ? Salah satu contoh orang yang mengalami kegelapan yaitu orang-orang yang pernah mengalami kemabukan, judi dan melakukan banyak dosa. Orang-orang yang mengalami kegelapan biasanya akan memiliki perasaan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan. (1 Yoh. 1:5)

Arti natal seharusnya :

1. Seeking the light (mencari terang)

Kita harus mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh seperti terang Kristus yang menyinari hidup kita. Contohnya Seperti orang yang di penjara dalam kegelapan yang tidak kena cahaya sama sekali. Orang seperti itu akan mengalami Gangguan Afektif Musiman atau S.A.D. Untuk memulihkan gangguan tersebut orang itu harus disinari terus-menerus supaya mengalami pemulihan. Carilah terang Kristus sehingga hidup akan terus bercahaya karena ada kebenaran. Rasul Paulus menuliskan bagaimana orang yang hidup dalam kegelapan yang disampaikan kepada Jemaat yang di Korintus. “yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.” (2 Kor. 4:4). Jika kita dalam keadaan kegelapan yang sangat lama maka mata kita lama-lama rusak dan tidak dapat melihat lagi. Seperti kita orang percaya harus senantiasa mencari wajah Kristus supaya kita tetap dapat melihat terang Allah, jangan kompromi dengan dosa.

2. Seeing the light (melihat terang)

Melihat terang digambarkan seperti sebuah mobil waktu berjalan dalam kegelapan kemudian tiba-tiba ada terang akan membuat kita seperti berjalan mundur. Dalam terang akan nampak yang sesungguhnya.

"Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya?” (Luk. 15:8). Ayat tersebut adalah perumpaan dari Tuhan Yesus yang menggambarkan perempuan yang kehilangan dirham dan mencari yang hilang dibutuhkan cahaya untuk menemukannya.

Ketika ada terang Kristus maka akan kelihatan yang buruk dan kotor, seperti hidup kita segala kekotoran hidup yaitu dosa akan kelihatan ketika ada terang Kristus.

Cahaya terang Kristus akan menerangi hidup kita. Hal yang harus kita lakukan adalah mencari ketika kita ada dalam kegelapan, artinya tinggalkan segala dosa dan pelanggaran. Setelah mencari terang hal kedua adalah harus melihat terang, maka hidup kita akan bersinar sehingga segala kekotoran akan hilang. Hiduplah melekat dengan Tuhan Yesus supaya terang Kristus memancar melalui hidup kita. Amin.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"