• Pdm. Chris Silitonga
  • 25 November 2018
  • Ibadah Raya V - Pk. 16:30 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

YESUS TUHAN YANG MEMPERHATIKANMU

Kita sedang hidup di sebuah era yang paling exciting yaitu era Pentakosta ketiga. Pengertian Pentakosta ketiga adalah era dimana akan terjadi dan sedang terjadi pencurahan Roh Kudus yang luar biasa yang membuat semua orang datang berseru dan bertobat kepada Yesus. Namun bagaimana orang-orang diluar sana bisa mengenal Yesus yang sangat istimewa dalam hidup kita kalau kita tidak mengenalkan Dia kepada mereka. Hari-hari ini kita perlu sering berbicara tentang Tuhan Yesus.

Yesus menyembuhkan seorang buta dekat Yerikho

“Waktu Yesus hampir tiba di Yerikho, ada seorang buta yang duduk di pinggir jalan dan mengemis. Waktu orang itu mendengar orang banyak lewat, ia bertanya: "Apa itu?" Kata orang kepadanya: "Yesus orang Nazaret lewat." Lalu ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" Maka mereka, yang berjalan di depan, menegor dia supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!" Lalu Yesus berhenti dan menyuruh membawa orang itu kepada-Nya. Dan ketika ia telah berada di dekat-Nya, Yesus bertanya kepadanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang itu: "Tuhan, supaya aku dapat melihat!" Lalu kata Yesus kepadanya: "Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Dan seketika itu juga melihatlah ia, lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Allah. Seluruh rakyat melihat hal itu dan memuji-muji Allah.” (Luk. 18:35-43)

Ayat diatas bercerita tentang bagaimana interaksi manusia dengan Yesus. Ini adalah ayat yang luar biasa yang juga ditulis oleh Matius dan Markus. Ayat ini juga sering digunakan oleh orang-orang yang mengatakan bahwa iman kita adalah tidak benar dan adalah pembodohan karena ayat ini juga ditulis oleh dua rasul tadi. Matius dan Markus mencatat Yesus keluar dari Yerikho, namun Lukas mencata bahwa Yesus baru mau masuk ke kota tersebut. Matius dan Markus menulis apa yang sudah terjadi, namun Lukas menulis apa yang akan terjadi. Yakinlah dengan iman bahwa Alkitab yang kita baca adalah “YA DAN AMIN”.

Ada peristiwa di Yerikho yang membuat Yesus mendatangi Bartimeus dan membelokan agenda-Nya sesaat.

1. Tuhan Yesus mengasihi orang yang miskin & buta dihadapan-Nya (Luk 18:35)

Keadaan Bartimeus yang buta secara fisik menggambarkan sikap rohaniah (segala pekerjaan, kekayaan, pelayanan kita semuanya adalah pemberian Tuhan dan bukan kekuatan kita). Tuhan sangat suka orang yang rendah hati dihadapan-Nya. Orang-orang rendah hati menarik perhatian Tuhan dan akan diangkat untuk berkembang.

"Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.” (Mat. 5:3)

“Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.” (Rom. 14:17)

Yang membedakan orang Kristen dan non-Kristen dalam kehidupan sehari-hari adalah Roh Kudus yang ada dalam diri kita.

2. Tuhan Yesus meresponi iman yang ditujukan kepada-Nya (Luk 18:38-39)

Iman Bartimeus adalah iman yang percaya bahwa Yesus adalah Tuhan. “Anak Daud” adalah nubuatan yang dijanjikan bagi Raja Daud bahwa dalam garis keturunannya juruselamat akan lahir. Waktu kita berkata Yesus adalah Tuhan, itu berarti kita percaya kepada keputusan Tuhan. Tuhan yang kita kasihi adalah Tuhan yang sangat mengasihi kita. Keputusan yang Dia buat pada akhirnya akan memperlihatkan kasih-Nya kepada kita.

3. Tuhan Yesus menjawab doa orang yang ingin makin dekat dengan-Nya (Luk 18:41-42)

Permintaan Bartimeus kepada Yesus adalah bahwa dia dapat melihat. Melihat adalah permohonan utama dia. Bartimeus ingin melihat pribadi seorang Yesus yang rela datang menyempatkan waktu baginya. Doa-doa semacam ini yang langsung dijawab Tuhan yaitu ketika ingin dekat dan merasakan hadirat-Nya.

Lalu ia menanggalkan jubahnya, ia segera berdiri dan pergi mendapatkan Yesus.(Mrk. 10:50)

Bagian kita :

Setia mengikuti-Nya dan hidup memuliakan Dia

Dan seketika itu juga melihatlah ia, lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Allah. Seluruh rakyat melihat hal itu dan memuji-muji Allah.(Luk. 18:43)

Hari ini kita bersuka cita karena TUHAN Yesus memperhatikan kita, meresponi iman kita,dan senang berada dekat kita. Mengucap syukurlah karena kita mempunyai Tuhan yang mata-Nya selalu tertuju kepada kita.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"