• Pdp. Charlie Jeremiah
  • 25 November 2018
  • 2PM - Pk. 14.00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

THE POWER OF GRATITUDE (KUASA MENGUCAP SYUKUR) (SERI KHOTBAH GRATITUDE)

Selama sebulan ini kita mempelajari seri khotbah tentang gratitude. Yang kita pelajari minggu ini adalah bahwa ada kuasa dibalik ucapan syukur. Lawan dari gratitude adalah ingratitude (tidak mengucap syukur)

Beberapa ciri orang yang ingratitude (tidak mengucap syukur) :

1. Fokus pada segala kekurangan kita

2. Mengasihani diri sendiri

3. Merasa menjadi korban & menyalahkan orang lain

4. Rendah diri : Tidak pintar, tidak punya cukup uang, teman, pakaian, barang-barang

5. Tertekan : Hidup sepertinya tidak berharga

6. Moody : Membiarkan hal-hal kecil mempengaruhi kita

Kalau kita hanya selalu memandang pada keadaan diri kita seperti enam poin diatas, kita tidak akan pernah merasa cukup dan pada akhirnya mampu mengucap syukur. Kalau hari ini kita masih hidup dan bernafas, itu semua karena Tuhan punya rencana untuk diri kita.

Mengucap syukur berarti kita mulai belajar berfokus pada sesuatu yang kita punya. Ada potensi dan panggilan yang berbeda dalam masing-masing diri kita yang diberikan Tuhan pada waktu Dia menciptakan kita.

Beberapa ciri orang yang gratitude (mengucap syukur) :

1. Fokus pada segala yang kita punya

2. Mencari pelajaran yang dapat kita pelajari

3. Puas : Menghargai semua pemberian Tuhan yang menjadikan kita unik

4. Sukacita : Tertawa, tersenyum, enerjik, membuat orang lain merasa nyaman

5. Positif : Melihat kebaikan dalam diri orang lain

6. Percaya diri : memiliki ketenangan & kepercayaan

Beberapa contoh kuasa mengucap syukur dalam Alkitab yang Tuhan Yesus lakukan

Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.(Yoh. 6:11)

Yesus mengambil roti, mengucap syukur, lalu membagikannya. Mujizat akan terjadi pada waktu kita mulai belajar mengucap syukur.

Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: "Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."(Yoh. 11:41-42)

Yesus menyuruh mereka mengangkat batu, dan kemudian mengucap syukur karena Bapa selalu mendengar.

Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.(1 Kor. 15:57)

Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.(1 Taw. 16:34)

Kita yang seharusnya binasa, namun Tuhan Yesus menyelamatkan kita. Maka dari itu kita harus mengucap syukur akan kasih Tuhan. Mau dimanapun kita berada, mengucap syukurlah dalam segala hal. Sampai hari ini kita masih hidup semua karena kasih karunia Tuhan. Tuhan selalu ada untuk kita, maukah kita memulai untuk mengucap syukur? Percayalah pada proses karena Dia selalu ada buat kita.

Kuasa mengucap syukur akan mengubah perspektif, perasaan & cara kita mengekspresikan diri. Hari-hari kita, keluarga, pekerjaan, dan pelayanan kita akan berubah ketika kita mulai mengucap syukur. Mari ubah cara pandang kita terhadap proses dan masalah dan mulailah mengucap syukur.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"