• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Bp. Hartono, S.E.
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

Hidup anak-anak Tuhan itu sebenarnya penuh dengan kemenangan demi kemenangan, bebas dari intimidasi dosa dan mengalahkan ketakutan. Namun, mengapa ada kalanya masalah dan kekalahan terjadi ? Mari kita belajar dari firman Tuhan supaya kita mengalami kemenangan dalam segala hal.

Mazmur 119 : 71 Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.

Kita belajar dari kisah tentang kemenangan dan kekalahan bangsa Israel ketika dipimpin Yosua memasuki Tanah Perjanjian. Kemenangan Yosua dalam menghancurkan kota Yerikho tercatat dalam Yosua pasal 6.

Dua Kunci Kemenangan di Yosua 6 adalah Kesatuan dan ketaatan.

1. Kesatuan :

- Satu tujuan

- Satu pemimpin

- Satu arahan

2. Ketaatan :

- Kerendahan hati

- Tidak melihat sekeliling

- Jaga hati

No how, but who ?

Yosua 6 : 1 Bersoraklah,sebab Tuhan telah menyerahkan kota ini kepadamu !

Peristiwa kekalahan Israel atas kota Ai tercatat dalam Yosua pasal 7. Apa yang terjadi ?

Yosua 7

1 Tetapi orang Israel berubah setia dengan mengambil barang barang yang dikhususkan itu, karena Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah dari suku Yehuda mengambil sesuatu dari barang barang yang dikhususkan itu. Lalu bangkitlah murka Tuhan terhadap orang Israel.

2 Yosua menyuruh orang dari Yerikho ke Ai yang letaknya dekat Bet-Awen di sebelah timur Betel dan berkata kepada mereka demikian: "Pergilah kesana dan intailah negeri itu." Maka pergilah orang orang itu ke sana dan mengintai kota Ai.

4 Maka berangkatlah kira kira tiga ribu orang dari bangsa itu ke sana tetapi mereka melarikan diri di depan orang orang Ai.

5 Sebab orang-orang Ai menewaskan kira kira tiga puluh enam orang dari mereka; orang orang Israel itu dikejar dari depan pintu gerbang kota itu sampai ke Syebarim dan dipukul kalah di lereng. Lalu tawarlah hati bangsa itu amat sangat.

"Sejatinya kemenangan hari ini menjadi kenangan besok hari" (1 Raja-Raja 19 : 4).

Namun, dengan cara yang sama ketika mereka dapat mengalahkan Yerikho mengapa mereka kalah ketika menyerang kota Ai? Ternyata ada dosa yang dilakukan Akhan ketika mengambil jarahan saat Israel mengalahkan Yerikho.

Yosua 7

11 Orang Israel telah berbuat dosa, mereka melanggar perintah-Ku yang Kuperintahkan kepada mereka, mereka mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu, mereka mencurinya,mereka menyembunyikannya dan mereka menaruhnya di antara barang barangnya.

16 Keesokan harinya bangunlah Yosua pagi pagi lalu menyuruh orang Israel tampil ke muka suku demi suku maka didapatilah suku Yehuda.

20 Lalu Akhan menjawab Yosua katanya :"Benar akulah yang berbuat dosa terhadap Tuhan Allah Israel sebab beginilah perbuatanku :

21 Aku melihat di antara barang barang jarahan itu jubah yang indah,buatan Sinear dan dua ratus syikal perak dan sebatansg emas yang lima puluh syikal beratnya: aku mengingininya maka kuambil semuanya itu disembunyikan di dalam kemahku dalam tanah dan perak itu di bawah sekali.

Pemulihan dan kemenangan kembali diperoleh Yosua ketika mereka sudah dibersihkan dari dosa dengan membinasakan Akhan dan keluarganya. 

Yosua 8 : 18 Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Yosua"Acungkanlah lembing yang ada di tanganmu ke arah Ai sebab Aku menyerahkan kota itu ke dalam tanganmu." Maka Yosua mengacungkan lembing yang di tangannya ke arah kota itu.

Personal Quotes

Hanya karena kita diberkati dalam suatu waktu bukan berarti kita berhenti mengandalkan Tuhan, karena sejatinya hidup adalah tentang berjalan bersama Tuhan seumur hidup kita dan selalu mengandalkanNya.

The Message :

1. Kesatuan dan ketaatan mendatangkan kemenangan demi kemenangan.

2. Hidup ini sejatinya adalah perjuangan bersama Tuhan.

3. Dosa mendatangkan kebinasaan.

Rangkuman Pdt. Robertus Purwadi, SE SPd :

Hari ini kita belajar firman Tuhan tentang kesatuan hati dan ketaatan melakukan perintah Tuhan. Sama seperti ketidak taatan mendatangkan hukuman, demikian ketaatan akan mendatangkan berkat.

Dosa Akhan berdampak buruk bagi dirinya, keluarga dan terlebih bagi perjalanan bangsa Israel memasuki Tanah Perjanjian. Semua itu terjadi akibat perbuatan Akhan yang tidak taat akan perintah Tuhan. 

Oleh karena itu, untuk mendapatkan kemenangan demi kemenangan hiduplah didalam ketaatan penuh kepada Tuhan didalam segala hal, maka perlindungan dan janji-janji-Nya akan digenapi dalam hidup kita.

Persembahan

Detail

Follow

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email