• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdm. Willy Santoso, BSc.
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

Rangkuman Doa Fajar Live Streaming GBI PRJ Group (CK7)
Sabtu, 31 Juli 2021 Pk. 04.40
Pdm. Willy Santoso, BSc
Rangkuman DF Tgl 26 s/d 30 Juli 2021

Bersyukurlah kita masih memiliki kesempatan duduk diam dekat kaki Tuhan melalui Doa Fajar. Sepanjang minggu ini, kita pun diingatkan untuk :

• Membangun relasi dan keintiman dengan Tuhan

• Mengalami pertumbuhan dalam pengenalan akan Tuhan serta kehendak-Nya

• Memegang janji Tuhan dan hidup kudus supaya rancangan-Nya digenapi di hidup kita

• Mengucap syukur dalam segala hal 

Lakukanlah keempat hal tersebut, terutama di masa pandemi seperti ini, supaya kita tetap kuat dan keluar menjadi pemenang.

Yesaya 50 : 4
Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

Ibrani 6 : 7 - 8
Sebab tanah yang menghisap air hujan yang sering turun ke atasnya, dan yang menghasilkan tumbuh-tumbuhan yang berguna bagi mereka yang mengerjakannya, menerima berkat dari Allah; tetapi jikalau tanah itu menghasilkan semak duri dan rumput duri, tidaklah ia berguna dan sudah dekat pada kutuk, yang berakhir dengan pembakaran.

• Tanah : kita yang ke Doa Fajar

• Air hujan : firman Tuhan

Senin, 26 Juli 2021
Pdp. Sudy Tandy
Plt. Gembala GBI St. Moritz
HOW TO DEFEAT LONELINESS

Apa yang harus kita perbuat saat mengalami kesepian ? Bukan karena tanpa teman, melainkan yang disebabkan oleh tekanan hidup, kedukaan, keputusasaan, permasalahan maupun pergumulan. Kita harus hadapi dengan benar supaya tidak terpuruk ataupun malah menjauh dari Tuhan. Kita bisa belajar dari 2 Timotius 4 : 12 - 17 yang ditulis Paulus di penjara.

• PURPOSE OF GOD
Tetap berfokus pada tujuan Tuhan. Tidak lengah atau terus-menerus merenung dan mengasihani diri, melainkan kembali ke firman serta tetap bertekun pada tujuan dan panggilan hidup dari Tuhan.

2 Timotius 4 : 13
Jika engkau ke mari bawa juga jubah yang kutinggalkan di Troas di rumah Karpus dan juga kitab-kitabku, terutama perkamen itu.

• PEOPLE OF GOD
Jangan menarik diri dari pertemuan-pertemuan ibadah, sebab kita butuh teman-teman seiman untuk membangkitkan iman dan menjaga kerohanian kita seperti melalui COOL.

2 Timotius 4 : 11
Hanya Lukas yang tinggal dengan aku. Jemputlah Markus dan bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku.

• PRESENCE OF GOD
Terus mengejar hadirat Tuhan. Dalam kondisi apa pun, Tuhan tidak akan membiarkan atau meninggalkan kita sendirian, sebab Ialah sumber kekuatan kita. 

2 Timotius 4 : 16 - 17a
Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka, tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku.

Selasa, 27 Juli 2021
Pdp. Rita Arifin
Ka. Sie WOI CK7
PENYERTAAN TUHAN

Belajarlah tentang penyertaan Tuhan melalui kehidupan Musa dalam Keluaran 33 : 15, 31 : 8. 

Keluaran 33 : 15
Berkatalah Musa kepada-Nya : "Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini."

• Perlindungan
• Penjagaan
• Berkat Jasmani dan Rohani
• Didikan

Ulangan 31 : 8
Sebab Tuhan, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.

• Berjalan di belakang Tuhan

• Menuruti dan mengikuti jalan Tuhan

BAGAIMANA UNTUK SENANTIASA MENGALAMI PENYERTAAN TUHAN :
1. Perlu memiliki kerendahan hati dan menyadari kebesaran Tuhan serta ketidakmampuan tanpa penyertaan-Nya. Izinkan Dia yang menjadi Kepala dan mengatur kehidupan kita.

1 Petrus 5 : 6
Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. 

2. Percaya penuh pada janji-Nya. Tidak mungkin merindukan penyertaan-Nya tanpa menaruh percaya pada janji-janji-Nya. 

Yeremia 33 : 14
Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman Tuhan, bahwa Aku akan menepati janji yang telah Kukatakan kepada kaum Israel dan kaum Yehuda.

3. Hubungan yang asyik atau intim dengan Tuhan supaya tangan-Nya yang menuntun kita. Karena itu, miliki relasi yang erat dengan-Nya. 

Yesaya 41 : 10
Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Mengapa Perlu Mengejar dan Mengalami Kuasa Penyertaan Allah :

1. Penyertaan Tuhan membuat kita berhasil dalam pekerjaan

Kejadian 39 : 2
Tetapi Tuhan menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.

2. Penyertaan Tuhan membuat kita berhasil dalam perjalanan

1 Samuel 18 : 14
Daud berhasil di segala perjalanannya, sebab Tuhan menyertai dia.

3. Penyertaan Tuhan membuat kita kesayangan dan mendatangkan berkat

Kejadian 39 : 5
Sejak ia memberikan kuasa dalam rumahnya dan atas segala miliknya kepada Yusuf, Tuhan  memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf, sehingga berkat Tuhan ada atas segala miliknya, baik yang di rumah maupun yang di ladang.

Rabu, 28 Juli 2021
Pdt. Indarwanto Tarigan, BA
Ka. Unit Pelayanan Jemaat CK7
MENJAGA KEUTUHAN KELUARGA DI MASA PANDEMI

Hal terpenting dalam menjaga keutuhan keluarga serta supaya tidak sering terjadi percek-cokan ialah komunikasi yang baik, jujur dan terbuka. Ada tiga aspek komunikasi yang perlu dibangun dan dijaga :

• KOMUNIKASI DENGAN TUHAN
Kekudusan serta pengenalan akan Tuhan merupakan elemen penting yang pertama. 

Yesaya 59 : 1 - 2
Dosa adalah penghambat keselamatan Sesungguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

Hosea 4 : 6a
Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah.

• KOMUNIKASI ANTARA SUAMI dan ISTRI
Kejujuran pun sebagai elemen terpenting, khususnya di masa pandemi seperti saat ini. Ingat, hindari perbedaan pendapat, melainkan bangun komunikasi yang terbuka satu sama lain.

Matius 5 : 37
Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan : tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

• KOMUNIKASI DENGAN ANAK
Interaksi antara orangtua dengan anak pun penting. Jadikan keteladanan iman sebagai elemen penting, bukan hanya memberi perintah kepada mereka. Action speaks lauder than words (teladan hidup lebih berarti daripada sekadar kata-kata). Dan ingatlah, wadah komunikasi terbaik adalah Mezbah Keluarga kita, karena itu bangunlah mezbah keluarga.

2 Timotius 1 : 5
Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.

Kamis, 29 Juli 2021
Randy Junaidi, BSc
Leader 2PM Ministry GBI PRJ
THE PURPOSE OF PAIN & SUFFERING

Mengertilah tujuan dari kesakitan maupun penderitaan yang sekiranya kita alami dan Tuhan izinkan terjadi dalam kehidupan kita, yakni :

• Semua orang bisa saja merasakan sakit dan penderitaan
Yang penting adalah apa yang dapat kita pelajari dari itu semua, dan bukannya menggerutu akan hidup.

Matius 16 : 24
Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya : "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku."

• Sakit adalah mekanisme perlindungan dan merupakan sebuah karunia. Kesakitan dapat menjadi alarm agar sadar serta berubah bahwa adanya ketidakseimbangan dalam kehidupan maupun keseharian kita, sehingga perlu mengubah pola hidup dengan pola makan, pola olahraga, pola pikir, pola tidur dan lainnya secara benar.

Efesus 5 : 15 - 17
Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

• Sakit atau penderitaan bertujuan membuahkan pertumbuhan ataupun keuntungan
Seperti halnya atlet tekun berlatih, pada akhirnya akan memperoleh kemenangan meski telah melewati latihan demi latihan berat dan menyakitkan. Karena itu, perlu merespons penderitaan secara benar dengan terus bergantung kepada Allah. 

Filipi 4 : 13
Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Jum'at, 30 Juli 2021
Pdp. Leonardo
Ka. Bid. BPA GBI HCR
SAAT TUHAN TERASA JAUH

Terutama di masa-masa pandemi ini, kita mungkin merasakan sepertinya pertolongan Tuhan tak kunjung-kunjung datang. 

Mazmur 22 : 1 – 2 
Allahku, mengapa Kautinggalkan aku ?Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu : Rusa di kala fajar. Mazmur Daud. Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku ? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku. Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab, dan pada waktu malam, tetapi tidak juga aku tenang.

Mazmur 10 : 1
Mengapa Engkau berdiri jauh-jauh, ya Tuhan, dan menyembunyikan diri-Mu dalam waktu-waktu kesesakan ?

Mazmur 44 : 23
Terjagalah ! Mengapa Engkau tidur, ya Tuhan ? Bangunlah ! Janganlah membuang kami terus-menerus !

Apa yang Harus Kita Perbuat Menghadapi Masa Ketika Tuhan Terasa Jauh :

• JUJUR KEPADA TUHAN
Bukan sekadar formalitas terhadap Dia, melainkan ada kejujuran, keintiman dan keasyikan dengan Tuhan. Karena itu, bangunlah komunikasi yang terbuka, bahkan curahan hati dengan-Nya. Jika hanya formalitas ataupun rutinitas, bagaimana mungkin bisa jujur dengan Tuhan. 

Mazmur 116 : 10
Aku percaya, sekalipun aku berkata : "Aku ini sangat tertindas."

Ayub 7 : 11
Oleh sebab itu akupun tidak akan menahan mulutku, aku akan berbicara dalam kesesakan jiwaku, mengeluh dalam kepedihan hatiku.

• FOKUS PADA PRIBADI TUHAN
Sungguh-sungguh kenalilah pribadi-Nya. Sebab semakin kita mengenal Dia, semakin kita akan mempercayai Dia. 

Mazmur 103 : 13
Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian Tuhan sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.

• PERCAYA TUHAN TIDAK INGKAR JANJI
Saat kita merasa Dia jauh, justru di saat itulah kita harus percaya penuh pada janji-janji-Nya. 

Mazmur 37 : 23 - 24 
Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan  menopang tangannya.

• INGAT APA YANG SUDAH ALLAH BERIKAN
Ucap syukurlah kepada-Nya atas kebaikan-kebaikan-Nya, terutama melalui mezbah keluarga kita. 

Yohanes 3 : 16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Rangkuman Pdt. DR. Janto Simkoputera, MD PhD :

Kita diingatkan untuk terus mencari Tuhan. Saya juga ingin mengingatkan bahwa ada tiga fokus utama yang perlu dalam ibadah maupun pertemuan rohani kita agar berhasil, yaitu :

• Menikmati hadirat Tuhan sewaktu firman Tuhan disajikan

• Menerima pengurapan Tuhan melalui pemimpin rohani bagi kita semua

• Berbahasa roh 

Teruslah mengejar hadirat Tuhan dan mengingat perbuatan-perbuatan Tuhan Yesus yang telah begitu baik dalam kehidupan kita. Lakukanlah firman-Nya agar berkat-berkat-Nya pun mengalir serta tercurah dalam hidup kita. 

Tuhan Yesus Memberkati

Persembahan

Detail

Follow

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email