• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pele Liemena
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

Hari ini kita belajar tentang bagaimana pemeliharaan dan rancangan Tuhan terjadi dalam kehidupan orang percaya atau umat pilihan Tuhan. Kita mulai dari peristiswa perayaan hari besar orang Israel.

PURIM :

Hari raya orang Yahudi 14th of Adar (sekitar bulan Februari - Maret). Berpuasa 3 hari sebelum perayaan Festival meriah: Bertukar makanan, memberi sedekah pada fakir miskin, mengenakan kostum dan minum wine. Purim - Ibr: Pur Artinya: dadu, dalam bahasa Persia kuno: banyak. Merayakan (memperingati) terbebasnya bangsa Israel dari rancangan jahat pembunuhan massal (genocide) oleh Haman di jaman raja Ahasyweros di kitab Ester.

Peristiwa sejarah yang bertepatan dengan perayaan hari raya Purim, diantaranya : Joseph Stalin (1953) Pemimpin Rusia - man of steel, Benci dengan orang Yahudi.

Merencanakan membuang 2 - 4 juta orang Yahudi di Rusia ke Kazakhstan, Siberia, dan Artic North.

Doctor's Plot : menjebak 6 dokter Yahudi membuat klaim palsu. Jatuh sakit (1 Maret 1953  - bertepatan hari raya Purim 1953), meninggal 3 hari kemudian.

Saddam Husein (1990) April 1990 : Saddam Hussein mengancam akan meratakan separuh Israel.

Agustus 1990 : Irak mulai memasuki wilayah Kuwait. Dan mulai menembakkan banyak rudal ke arah Israel. Perang Teluk (Gulf war) berakhir pada hari perayaan Purim, 28 Feb 1991. Saddam Husein dihukum gantung 2006.

Kitab Ester dan tokoh-tokohnya

Raja Ahasyweros (King Xerxes 1) 486 - 465 BC Putra dari raja Darius 1 (Ezra 4 : 24, Daniel 6 : 1). Menguasai 127 daerah India – Ethiopia, Turki, Irak, Iran, Pakistan, Yordania, Lebanon, Israel, Mesir, Sudan, Libya s/d Arab Saudi. Kerajaan terbesar di dunia saat itu. Gagal menduduki Yunani (Greece). Like to glorify himself (pesta dan memamerkan kekayaan) 

Ester - Cantik dan elok perawakannya. Yatim piatu di usia muda. Diangkat anak oleh Mordekhai. Penurut, rendah hati, tidak serakah.

Mordekhai - ayah angkat (paman) Ester. Pemimpin orang Yahudi dalam benteng Susan. Keturunan Kish, suku Benyamin: spt Saul (1 Samuel 9 : 1 - 2).

Haman - Arrogan (sombong, angkuh, congkak). Keturunan raja Agag, orang Amalek (seteru orang Israel).

Keluaran 17 : 8 - 16 Orang Amalek menghalangi dan berperang dengan orang Israel di Rafidim. Musa mengatakan Tuhan akan berperang melawan Amalek turun temurun.

1 Samuel 15 : 2 - 3 Tuhan melalui Samuel memerintahkan Saul untuk membunuh semua orang Amalek dan rajanya, Agag beserta seluruh ternaknya karena orang Amalek pernah menghalangi bangsa Israel keluar dari Mesir.

Ester terpilih menggantikan ratu Wasti. Saat itu pula Mordekhai mendengar rencana pembunuhan raja

• Mordekhai tidak dianugerahkan apapun oleh raja (ini adalah rancangan Tuhan)

• Haman diangkat pangkatnya oleh raja

• Semua orang harus sujud berlutut kepada Haman

• Mordekhai menolak bersujud di hadapan Haman; Orang Yahudi tidak sujud berlutut selain kepada Tuhan. Haman adalah orang Amalek, keturunan raja Agag (ethnic tension). Haman yang tinggi hati dan gila hormat, merasa tersinggung. Terlebih setelah mengetahui Mordekhai adalah Yahudi. Merasa hina hanya membunuh Mordekhai. Merencanakan untuk membinasakan seluruh orang Yahudi di kerajaan Persia (yang merupakan kerajaan terbesar di dunia saat itu – India s/d Ethiopia). Raja Ahasyweros menyetujui rencana Haman. Raja duduk minum minum bersama Haman.

Mordekhai meminta Ester untuk menghadap raja dan membela bangsa Israel. Ester takut dan ragu. Menghadap raja tanpa diminta, dapat dihukum mati. Namun Ester rela berkorban. Ester mengajak semua orang Yahudi di dalam kerajaan berpuasa 3 hari lamanya 

Yeremia 29 : 12 - 14a Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman Tuhan dan Aku akan memulihkan keadaanmu.

Raja Ahasyweros berkenan bertemu Ester dan raja menghukum mati Haman dengan digantung. 

Apa yang dapat kita pelajari dari kisah Ester dan bangsa Israel ?

1. Rancangan Tuhan sanggup merubah pencobaan menjadi berkat 

Di usia belia, Ester sudah menjadi yatim piatu. Diserahkan menjadi 'gundik'nya raja Ahasyweros 

Ester dari seorang gadis polos, penurut, berserah pada keadaan menjadi seorang ratu, pemimpin wanita yang bijaksana, yang berani dan rela berkorban untuk keselamatan, menjadi berkat bagi orang banyak.

Mazmur 37 : 23 Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya.

2. Pertolongan Tuhan selalu ON TIME & ON TARGET

Mordekhai yang tidak LANGSUNG menerima imbalan dari raja Ahasyweros setelah membantu melaporkan rencana pembunuhan raja. Tentu Mordekhai merasa kecewa. Ini adalah bagian rancangan Tuhan bukan hanya untuk keuntungan Mordekhai tapi juga untuk keselamatan seluruh bangsa Israel dan sekaligus mempermalukan Haman. Suatu malam raja tidak dapat tidur lalu meminta dibacakan kitab pencatatan sejarah. Mordekhai ditinggikan, Haman (yang tinggi hati, congkak) direndahkan Tuhan 

Pengkhotbah 3 : 11 Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya.

3. Pertolongan Tuhan bekerja di balik layar 

Walau di kitab Ester tidak ada kata Tuhan, namun Tuhan tidak tinggal diam. Tuhan bekerja di balik layar. Divine intervention, kuasa Illahi yang tidak terlihat: Ester menggantikan ratu Wasti, mengajak umat Israel berpuasa, menghadap raja tanpa diundang, memberi semua harta Haman kepada Mordekhai, dan Ester memohon raja membatalkan rancangan jahat Haman (Ester 8 : 5)

Roma 8 : 28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai rencana Allah." 

4. Kuasa Tuhan berkuasa diatas segala kuasa 

• Haman mengandalkan manusia. Merasa raja berpihak kepadanya. Naik pangkat, rakyat berlutut bersujud. Sekilas raja menyetujui rencana jahatnya. Sudah duduk minum-minum bersama raja

• Ester mengandalkan Tuhan. Mengajak seluruh umat Israel berpuasa untuk keselamatan bersama. Doa orang benar besar kuasanya 

Yeremia 17 : 5 Beginilah firman Tuhan: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan.

Rancangan Tuhan yang sempurna :

1. Merubah pencobaan menjadi berkat

2. Selalu on-time juga on-target

3. Bekerja di balik layar

4. Berkuasa diatas segala kuasa di muka bumi Do your part (with FAITH), God will handle the rest

Ulangan 31 : 8 Sebab Tuhan, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.

Yesaya 41 : 10 Janganlah takut, sebab AKU menyertai engkau, janganlah bimbang sebab AKU ini Allahmu; AKU akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; AKU akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Rangkuman Pdt. Robertus Purwadi, SE SPd :

Untuk mendapat pertolongan, perlindungan dan pemulihan dari Tuhan, pastikan Saudara menjadi umat pilihan Tuhan dan hidup sesuai dengan rencana-Nya. Seperti bangsa Israel berkali-kali mendapat ancaman pemusnahan sebagai bangsa dari orang-orang yang membencinya; namun Rancangan pemeliharan Tuhan tetap sempurna bagi umat pilihan-Nya itu.

Tetaplah tinggal dalam kasih dan pemeliharaan Tuhan dalam ketaatan dan kesetiaan kepada-Nya maka kita akan terpelihara sempurna.

Persembahan

Detail

Follow

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email