• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdm. Roy Raymond Tanudjaja, MSc.
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

Mempelai artinya pengantin dari suatu pernikahan. Alkitab menggambarkan pertemuan Tuhan Yesus dengan gereja-Nya seperti suatu pernikahan, yang dikenal dengan Pernikahan Anak Domba. Ini adalah hari dan waktu yang dinanti-nantikan oleh semua orang percaya dan yang telah menguduskan hidupnya. 

1 Tesalonika 5 : 2 - 5 Karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman  —  maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin  —  mereka pasti tidak akan luput. Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri, karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan." 

Dalam masa penantian kedatangan Tuhan Yesus untuk kedia kalinya, kita tidak perlu takut, tapi menanti dengan penuh kerinduan. Karena itu selama masa penantian akan hari yang mulia itu kita terus belajar untuk menyucikan hidup dan memurnikan kasih kita kepada Kristus. 

Rasul Paulus menggambarkan hubungan Kristus dengan gereja-Nya seperti suami-isteri dalam lembaga pernikahan (Efesus 5 : 32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat). 

Apa yang Tuhan harapkan dari gereja-Nya, sebagai pengantin wanita-Nya ? :

1. TEKUN Menantikan TUHAN

Wahyu 3 : 10 Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

Fokus kita dalam penantian Kristus adalah pada saat-saat kedatangan-Nya, pada Kristus Yesus sebagai pengantin laki-laki. Orang yang menantikan kedatangan Tuhan harus berjaga-jaga dan hidup dalam persekutuan dengan Tuhan dalam hadirat-Nya agar memperoleh kekuatan yang baru setiap waktu. 

Yesaya 40 : 30 - 31 Orang - orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna –teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. 

Berkat yang muncul dalam "Menantikan Tuhan" 

A. PERLINDUNGAN dari TUHAN

B. Mendapat KEKUATAN BARU

C.TERBANG TINGGI seperti rajawali

D. Mendapatkan KETAHANAN 

2. PERHIASAN ALLAH

1 Petrus 3 : 3 - 4 Perhiasanmu janganlah secara lahiriah yaitu dengan mengepang – ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak dapat binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram dan berharga dimata Allah ". 

Selama masa penantian kedatangan pengantin pria, gereja Tuhan sebagai pengantin wanita harus berhias, mempercantik diri dengan perhiasan batiniah, yaitu kehidupan roh yang terus terpaut kepada Allah dan fokus kepada Kerajaan sorga. 

Perhiasan yang berharga di mata Allah :

- Perhiasan Kekudusan

1 Petrus 1 : 15 Tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu. Sebab ada tertulis : Kuduslah kamu, sebab Aku kudus."

- Perhiasan Kerendahan hati

Lukas 1 : 38 Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia." 

- Perhiasan Ketaatan dan Kesetiaan

Amsal 7 : 2 Berpeganglah pada perintahku, dan engkau akan hidup; simpanlah ajaranku seperti biji matamu.

3. SAMBUT YESUS DENGAN ANTUSIAS

Yakobus 5 : 7 - 8 Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan ! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi. kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat !" 

Mari kita sambut kedatangan Tuhan kita dengan antusias (penuh gairah dan kerinduan), dalam ketekunan dan kesabaran sambil kita terus menjaga hidup yang berkenan pada-Nya.

Matius 25 : 4 Sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka. Gereja yang menanti-nantikan Tuhan selalu berjaga-jaga, mengisih hidup dan pikirannya dengan Firman dan kuasa Roh Kudus. 

Orang yang ANTUSIAS menanti TUHAN YESUS :

- TIDAK suam suam kuku

Wahyu 3 : 16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

- TETAP melakukan tugas

Matius  24 : 46 Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.

Tetaplah setia dalam melayani Tuhan, apa pun tantangan dan pergumulan yang terus menghadang kita. 

- KASIH MULA - MULA selalu ada dalam hidupnya

Wahyu 2 - 4 Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.

Rangkuman Pdt. Robert Purwadi, S.Pd, SE :

Status kita sebagai gereja Tuhan adalah mempelai Kristus. Kriteria mempelai Kristus adalah tekun menantikan hari Tuhan, mengenakan perhiasan Allah (kekudusan, kerendahan hati, dan ketaatan serta kesetiaan), dan menyambut Tuhan Yesus dengan antusias. 

Sejarah dunia akan berakhir ketika ada pertemuan pengantin pria dan wanita, Kristus dan gereja-Nya dalam pernikahan Anak Domba. 

Wahyu 21 : 9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba." 

Sipakah pengantin perempuan itu ? Gereja-Nya yang telah ditebus dengan darah-Nya dan telah menguduskan hidupnya.Status memperlai perempuan pertama kali disematkan kepada Israel, tapi sayangnya mereka tidak memenuhi kriteria yang ditekankan di atas. Mereka menolak menyembah Allah dan berpaling kepada ilah-ilah dunia, mereka juga  menolak Kristus Yesus sebagai mesias Juruselamat dan Raja mereka. Karena itu, status pengantin perempuan menjadi milik gereja yaitu kita yang hidup dalam percaya dan ber-Tuhan-kan Kristus Yesus. 

Kitab Wahyu menunjukkan kepada kita bahwa ada dua jenis manusia ketika Kristus datang pada kali yang kedua, yaitu: Mempelai Kristus (seluruh orang percaya yang diselamatkan-Nya) dan pelacur (orang-orang yang menolak Kristus dan hidup dalam perzinahan dengan keduniawian). Sebagai gereja yang telah ditebus oleh Kristus Yesus, mari kita terus hidup dalam kekudusan dan siapkan hati untuk menantikan hari yang mulia itu dengan cara tekun menantikan Tuhan, mempercantik diri kita dengan perhiasan batiniah dan menanti-Nya dengan penuh kerinduan. Amin,

Persembahan

Detail

Follow

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email