• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdt. Johan Lumoindong
  • Ibadah Raya 1, Ibadah Raya 2, Ibadah Raya 3, 2PM, Ibadah Raya 5
  • Pdt. Johan Lumoindong
  • 31 Mei 2020
  • Pk. 07:00, 09:00, 11:30, 14:00, 16:30 WIB
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

"Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya" (Kisah Para Rasul 2 : 1 – 4).

Kita merayakan & memperingati hari pencurahan Roh Kudus. Sebagai hamba Tuhan dan umat-Nya memang sudah sepantasnya untuk Roh Kudus ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Perayaan ini juga adalah untuk mengingatkan kita supaya berjalan menurut kehendak Bapa di surga melalui pimpinan dan tuntunan Roh Kudus.

The Holy Spirit was made available to all who believe in Jesus. Siapa saja yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, maka Roh Kudus dicurahkan bagi kita, di manapun kita berada untuk memimpin, menolong, bahkan memberikan hikmat, kebijaksanaan akal budi, dan memberkati.

Orang yang sudah dibaptis oleh Roh Kudus dan menerima-Nya dalam hidupnya, maka ada beberapa hal yang perlu kita pahami.

MENGAPA ROH KUDUS MENJADI BAGIAN PENTING DALAM KEHIDUPAN ORANG PERCAYA:

  • Yang pertama, KALAU ROH ALLAH TINGGAL DI DALAM HIDUPMU, MAKA ANDA SEHARUSNYA TIDAK HIDUP DALAM KEDAGINGAN.

"Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus" (Roma 8 : 9).

Orang yang sudah menerima Kristus sebagai Juruselamat dan ditandai dengan menerima Roh Kudus di dalam hidupnya, maka ia tidak lagi dipenuhi dengan kedagingan, melainkan hidup dalam Roh. Jika kita mengatakan Roh Allah tinggal dalam hati kita, tetapi masih hidup dalam kedagingan, kita pembohong besar! Kita memang hidup di dunia, tetapi tidak duniawi.

Kita hidup di dalam kebaikan Tuhan. Tetapi, berkat Tuhan seharusnya tidak membuat kita jauh dari Tuhan. Kalau diberkati oleh Tuhan, harusnya semakin dekat dengan Tuhan. Orang yang sudah dipenuhi Roh Kudus juga pasti bisa menjaga kata-katanya, bahkan tindakannya.

Kita bukan milik Kristus kalau tidak hidup di dalam Roh Kudus. Jadi, we cannot belong to Christ without the Holy Spirit, saya dan Anda tidak menjadi milik Kristus tanpa Roh Kudus itu sendiri.

  • Yang kedua, MAKNA HIDUP DALAM ROH KUDUS ADALAH KITA MENGIKATKAN DIRI PADA TUHAN DAN TERIKAT OLEH ROH KUDUS.

"Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia" (1 Korintus 6 : 17).

Without the Holy Spirit, tanpa Roh Kudus, kita tidak akan bisa ke mana-mana! Kita harus mengikutsertakan Dia ke manapun kita pergi. Di manapun kita berada, Roh itu harus ada. Saya yakin dan percaya, orang yang mengikatkan dirinya pada Roh Kudus, hidupnya pasti berhasil & beruntung. Ke manapun ia pergi pasti ada ketenangan. Sebaliknya, jika kedagingan yang lebih kuat, maka kita tidak suka diatur, tidak suka diberitahu, bahkan sebisa mungkin meninggalkan dan menjauhi Roh Kudus.

Sudahkah kita mengikatkan diri dengan Tuhan dan terikat dengan Roh Kudus?

  • Yang ketiga, KITA TIDAK BISA DIANGKAT MENJADI ANAK-ANAK ALLAH YANG HIDUP TANPA ROH KUDUS.

"Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: 'ya Abba, ya Bapa!' Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah" (Galatia 4 : 6 – 7).

Kita adalah ahli waris-Nya, dan itu hanya bisa terjadi kalau kita menjadi anak-anak-Nya. Sebab bagaimana mungkin kita bisa menerima warisan janji itu tanpa menjadi anak Tuhan?!

Kita bukan lagi hamba dosa. Jadi, jangan berbuat dosa lagi. Walau kita memang terbatas & tidak luput dari kekurangan, tetapi tidak mesti ditambahi dengan dosa. Dosa adalah melanggar firman Tuhan. Kekurangan bukan melanggar firman, sebab manusia itu terbatas. Karena itu, kita bukan menjadi Yesus, tetapi semakin serupa seperti Yesus.

We cannot be adopted as His children without His Spirit. Artinya, kita tidak akan pernah bisa diadopsi, diangkat menjadi anak-anak-Nya tanpa Roh Kudus! Kita diangkat menjadi anak. Bukan menjadi hamba dosa lagi & tidak mendapat kedudukan di Kerajaan Surga, melainkan kita menerima warisan yang besar, keselamatan dan berkat dari Tuhan.

Jadi, betapa pentingnya Roh Kudus, baik di muka bumi maupun dalam pekerjaan kita sehari-hari. Dan bagaimana mungkin kita bisa diberkati tanpa Roh Kudus?! Jika kita belum menjadi ahli waris-Nya, mungkin karena kita masih hidup dalam perhambaan dosa, tidak menerima Yesus secara utuh, dan tidak menerima Roh Kudus.

  • Yang keempat, KITA TIDAK BISA ADA DALAM SATU TUBUH KRISTUS TANPA ROH KUDUS

"Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh" (1 Korintus 12 : 12 – 13).

Kata 'minum' itu bicara tentang kehidupan. Jika hidup tanpa air atau minum saja begitu dahaga, apalagi tanpa Roh Kudus, berapa keringnya hidup kita!

Roh Kudus pun yang mempersatukan kita secara sedemikian rupa dengan latar belakang & suku yang berbeda-beda, sehingga tidak ada lagi perbedaan. We cannot be in the body of Christ, except by baptism in the Spirit. Artinya, saya dan Anda tidak bisa ada dalam satu tubuh Kristus tanpa Roh Kudus dan menerima baptisan Roh Kudus.

Hari ini, kita bersukacita karena Tuhan menganugerahkan Roh-Nya yang sempurna. Maju terus dalam Tuhan. Selamat hari Pentakosta. Biarlah kepenuhan Roh Kudus itu memenuhi hati, pikiran, tubuh, jiwa dan roh kita. Amin!

Persembahan

Detail
Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email