• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdt. Robertus Purwadi, S.Pd. SE
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

Setiap manusia tidak mengenal latar belakangnya memiliki unsur roh jiwa dan tubuh. Pagi ini kita akan belajar bagaimana memberi makan kepada roh, jiwa, dan tubuh.

Matius 5 : 6 Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.

Kunci untuk mendapatkan kepuasan atas lapar dan haus rohani adalah kebenaran.

1 Tesalonika 5 : 23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Roh, jiwa, dan tubuh harus kudus dan benar, ini membuat kita tidak bercacat. Saat kita terus memiliki rasa haus dan lapar akan kebenaran, maka kita akan siap bertemu Tuhan saat Ia datang kali yang kedua.

3 Unsur Manusia :

1. ROH : Berasal dari Allah. Kembali kepada Allah (Pengkotbah 12 : 7b)

2. JIWA : Perpaduan antara roh dan tubuh. Pikiran, perasaan dan kehendak.

3. TUBUH : Berasal dari debu (tanah). Kembali kepada tanah (Pengkotbah 12 : 7a)

Makanan Manusia (Kristen) :

• ROH : Kebenaran Firman Allah. Kegiatan-kegiatan rohani (Doa Fajar, Menara Doa, mengikuti ibadah yang membangun rohani).

• JIWA : Ilmu Pengetahuan (eksak & non- eksak). Hiburan, penghargaan, pengakuan.

• TUBUH : Sandang-Pangan-Papan. Perawatan: kecantikan, dan kesehatan (melakukan protokol dengan benar di masa pandemi, dll.).

Tubuh takluk kepada Jiwa, Jiwa takluk kepada Roh, dan Roh takluk kepada Allah.

Dari 1 Tesalonika 5 : 23 kita mengerti bahwa :

1. Ketiga unsur manusia (roh, jiwa, tubuh) merupakan bagian keseluruhan diri seseorang, baik dari sisi kekalnya (roh), pribadinya (jiwa), ataupun sisi jasmanianya (tubuh).

2. Ketiganya harus mendapat makanan sehat dan seimbang.

Roh Manusia :

1. Merupakan unsur paling  luhur daripada manusia.

2. Bagian paling terbuka terhadap pengaruh Roh Kudus.

3. Roh manusia kkal, tubuh dan jiwa lenyap.

Perbedaan Kemah dan Rumah

2 Korintus 5 : 1 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.

Yohanes 14 : 2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

Kemah itu sementara, tidak permanen. Sementara Rumah itu permanen.Apa yang dimaksud Paulus untuk orang Korintus adalah bahwa tubuh kita ini seperti tenda bersifat sementara. Tubuh kita daat dibongkar.

Namun, Allah menyediakan tempat yaitu Rumah yang Kekal. Untuk itu perhatikanlah hal-hal yang kekal.

Bagaimana caranya? Hiduplah intim dengan Tuhan, 'nge-tune' dengan Tuhan.

Kalau kita berani bayar harga untuk sesuatu yang sifatnya sementara, seharusnya kita lebih berani lagi membayar harga untuk sesuatu yang kekal.

Rangkuman Gembala CK7 :

Saat kita mengerti tentang roh, jiwa dan tubuh, maka kita akan mau membayar harga untuk sesuatu yang kekal untuk mengikuti Doa Fajar, Menara Doa

Ada 3 unsur manusia yaitu Roh, Jiwa dan Tubuh (1 Tesalonika 5 : 23)

Roh datang dari Tuhan, dan akan kembali kepada Allah.

Jiwa berbicara pikiran, perasaan, dan kehendak.

Tubuh berasal dari debu, maka akan kembali kepada tanah (Pengkotbah 12 : 7).

Dari ketiga hal itu yang penting adalah Roh. Pagi ini didalam doa fajar juga datang ke Menara Doa, maka Saudara sedang memberi makan roh dengan kebenaran firman Tuhan.

Jiwa: pengetahuan, hiburan, pengakuan, penghargaan.

Tubuh : hidup dari sandang pangan, dan kesehatan (mengeluarkan begitu banyak uang untuk perawatan tubuh). Ingatlah bahwa tubuh ditentukan oleh roh kita. Bila roh tidak diberi makan, tidak mungkin bisa mengenal kebenaran. Ini merupakan perbedaan orang Kristen dan tidak Kristen.

Sebagai orang Kristen kita harus memberi makan roh dengan kebenaran, juga dengan mengikuti kegiatan rohani.

Kalau kita saja berani bayar harga untuk sesuatu yang sementara, seharusnya kita juga lebih berani membayar harga untuk yang kekal.

Seperti Daud pada saat membuat salah ia mengatakan kepada Allah demikian "Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!"  (Mazmur 51 : 11).

Tubuh, jiwa boleh dihukum; Daud minta agar roh-Mu jangan diambil daripadanya.

Sebagai orang Kristen seharusnya memberi makan roh dengan kebenaranNya.Apa yang disediakan oleh gereja CK7 adalah untuk kebaikan jemaat Tuhan mendapatkan makanan rohani untuk roh kita semakin intim dengan Tuhan.

Persembahan

Detail

Follow

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email