• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdp. Chandra Hermawan
  • Ibadah Raya 1, Ibadah Raya 2, Ibadah Raya 3, Ibadah Raya 4, Ibadah Raya 5
  • Pdp. Chandra Hermawan
  • 04 Juli 2021
  • Pk. 07:00, 09:00, 11:30, 14:00, 16:30 WIB
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

Daud sempat mengalami berbagai tantangan dalam hidupnya, di antaranya mendapat ancaman dan serangan dari orang Filistin. Namun, Tuhan sanggup menolong dan memberikan terobosan serta kemenangan bagi Daud.

2 Samuel 5 : 17 – 25 Daud memukul kalah orang Filistin--Ketika didengar orang Filistin, bahwa Daud telah diurapi menjadi raja atas Israel, maka majulah semua orang Filistin untuk menangkap Daud. Tetapi Daud mendengar hal itu, lalu ia pergi ke kubu pertahanan. Ketika orang Filistin itu datang dan memencar di lembah Refaim, bertanyalah Daud kepada TUHAN : "Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu ? Akan Kauserahkankah mereka ke dalam tanganku ?" TUHAN menjawab Daud : "Majulah, sebab Aku pasti akan menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu." Lalu datanglah Daud di Baal-Perasim dan memukul mereka kalah di sana. Berkatalah ia : "TUHAN telah menerobos musuhku di depanku seperti air menerobos." Sebab itu orang menamakan tempat itu Baal-Perasim.

Orang Filistin itu meninggalkan berhalanya di sana, lalu Daud dan orang-orangnya mengangkatnya. Ketika orang Filistin maju sekali lagi dan memencar di lembah Refaim, maka bertanyalah Daud kepada TUHAN, dan Ia menjawab : "Janganlah maju, tetapi buatlah gerakan lingkaran sampai ke belakang mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau. Dan bila engkau mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, maka haruslah engkau bertindak cepat, sebab pada waktu itu TUHAN telah keluar berperang di depanmu untuk memukul kalah tentara orang Filistin." Dan Daud berbuat demikian, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, maka ia memukul kalah orang Filistin, mulai dari Geba sampai dekat Gezer.

Tidak serta-merta Daud menerima itu semua begitu saja, namun ada penyertaan, pengurapan dan perkenanan Tuhan (1 Samuel 16 : 13, 2 Samuel 2 : 4, 2 Samuel 5 : 3). Dan dari semua proses serta pengurapan yang dialami oleh Daud, terdapat suatu kenaikan level atau kemajuan dalam hidupnya. Semakin tinggi progres yang ia terima, semakin makin tinggi pula tantangan yang ia alami. Ada kalanya Tuhan menunda berkat, bukan karena semata-mata kita tidak siap menerima berkat, melainkan Tuhan melihat bahwa kita belum siap menghadapi tantangan di balik berkat yang ada. 

Setiap orang pasti memiliki pergumulan, serta rindu mengalami terobosan dalam kehidupan kita. Entah itu keluarga, kesehatan, usaha dan pekerjaan ataupun agar terlepas dari kecanduan hal-hal negatif. Percayalah, Allah sanggup mengadakan terobosan! Tuhan yang sama yang mengadakan terobosan dalam hidup Daud, Ia pula yang dapat memberikan terobosan bagi kita.

KEYS TO BREAKTHROUGH

Ada langkah-langkah untuk kita mengalami terobosan :

1.SEEKING GOD (Mencari Tuhan), 2 Samuel 5 : 17, 19, 23   

Saat ia mendengar musuh hendak menyerang, maka Daud pergi ke kubu pertahanan dan mencari Tuhan, bertanya-tanya pada Allahnya. Inilah hal utama serta langkah pertama yang Daud perbuat, yakni betul-betul mencari Tuhan dan berdoa. Bukan mencari pertolongan atau hikmat manusia ataupun mengandalkan pasukannya. Daud sesungguhnya punya banyak dalih supaya mengandalkan kekuatannya saja atau apa pun yang ia miliki, namun ia lebih mengutamakan apa yang Tuhan mampu perbuat baginya.

Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita mencari Dia saat memerlukan terobosan? Ataukah justru mengandalkan orang lain dan kemampuan diri sendiri ? Saat mengalami pencobaan serta pergumulan, carilah Dia terlebih dahulu. Dengarkan perkatakan-Nya. Jadi, kunci mengalami terobosan bukan terletak pada kekuatan diri sendiri, melainkan kepekaan kita mendengarkan suara-Nya. Karena itu, pertajamlah kepekaan kita mendengar serta menaati suara-Nya. Itu pun dapat kita lakukan melalui Doa Fajar (Senin – Sabtu, pk 04.40 – 06.00) maupun Menara Doa CK7 (boleh memilih antara pk 15.00 – 21.00 WIB).

2. KEEP YOUR FAITH IN GOD (Menaruh Iman kepada Tuhan), 2 Samuel 5 : 19, 23, 24 

Daud menaruh imannya kepada Tuhan. Setelah mencari wajah Allah, mendengarkan suara serta perintah-Nya, maka ia kemudian menaruh seluruh kepercayaannya pada Tuhan. Dengan kata lain, kita perlu memiliki iman dan percaya sepenuhnya kepada Allah. Sebab apa pun yang Tuhan katakan dan perintahkan, itulah yang terbaik. Sekalipun terkadang terdengar tak masuk akal atau mustahil dan di luar zona nyaman sebab belum pernah kita lakukan, apalagi dengan berbagai pengalaman maupun pengetahuan yang kita miliki, namun tetaplah betul-betul taat kepada-Nya. Pekalah terhadap tanda-tanda yang diberikan oleh Tuhan. 

Saat mengaku menaruh iman pada-Nya, pertanyaannya apakah kita pun percaya pada cara-cara-Nya? Ataukah malah menuruti cara-cara sendiri? Apa pun yang Tuhan perintahkan, Daud percaya sepenuhnya kepada-Nya. Daud sadar, bila ingin mengalami terobosan maupun kemenangan, maka ia pun mesti mengalami terobosan dalam dirinya terlebih dulu, yaitu memiliki iman dan hati yang tulus di hadapan-Nya, bukan masih ada ganjalan ataupun rasa tidak percaya pada-Nya. Karena itu, mintalah juga Tuhan memulihkan dan memperbaiki sikap hati yang mungkin masih salah, supaya kita mengalami terobosan secara luar dan dalam. 

Bersandarlah pada Tuhan, bukan manusia. Sebab Ia sanggup menyediakan lebih daripada apa yang kita pikirkan. Jika kita setia pada perkara kecil yang Tuhan percayakan, maka Ia pun akan mempercayakan perkara-perkara yang lebih besar lagi. Serahkanlah seluruh kekhawatiran kita dan percaya sepenuhnya kepada Tuhan, supaya Ia yang mengambil alih semuanya.

Dukungan doa sahabat-sahabat maupun komunitas rohani serta ibadah puasa yang dilakukan pun dapat menolong kita supaya peka mendengar suara Tuhan maupun mengalami terobosan demi terobosan. Itulah betapa pentingnya komunitas orang-orang percaya. Karena itu, ada baiknya kita ikut komunitas COOL (Community Of Love) yang ada lebih dari 360 dengan berbagai generasi (anak-anak hingga lansia) di bawah wadah CK7, dan masih diadakan secara online atau virtual, yakni tiap Jumat pk 19.00 – 21.00 serta Sabtu pk 10.00 – 12.00 WIB. Dapat hubungi 0812 9657 7976 serta 0878 7573 6869.

3. PUT INTO ACTION (Bertindak), 2 Samuel 5 : 20, 25

Seperti halnya Daud, dalam proses sampai mencapai kemenangan dan terobosan yang dari Tuhan, maka kita pun perlu bertindak seturut perintah Tuhan. Setelah mencari wajah-Nya, peka mendengar suara-Nya dan percaya sepenuhnya kepada-Nya, maka ambillah sebuah tindakan dan melangkahlah maju.

Makna lembah Refaim adalah 'raksasa' atau 'kekelaman' yang dapat menggambarkan pergumulan berat dan begitu besar yang kita alami; namun, apa pun yang menjadi pergumulan serta "raksasa-raksasa masalah" dalam hidup kita, Allah sanggup mengubah itu semua menjadi sebuah terobosan! Seperti halnya Ia mengubahkan lembah Refaim menjadi Baal-Perasim.

•    BAAL : Lord (Allah)

•    PERASIM : Breakthrough (terobosan)

•    Allah yang melakukan terobosan (THE LORD BROKE THROUGH)

Saat kita mengambil langkah iman, Tuhan akan mengadakan terobosan dahsyat bagi kita. Itulah cara Tuhan, dan itulah hal tepat yang kita lakukan. Tuhan yang akan berperang bagi kita. Karena itu, jangan bergerak sendiri, melainkan andalkanlah Dia selalu. 

WHILE YOU'RE WAITING FOR GOD TO COME DOWN, GOD IS WAITING FOR YOU TO GET UP! Tuhan memiliki banyak cara dan perkara yang ajaib untuk mengadakan berbagai terobosan dalam kehidupan kita. Jadi, jangan batasi Dia.

Persembahan

Detail

Follow

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email