• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdp. Charlie Jeremiah
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

Kompas pada zaman dulu penting sekali untuk menentukan arah, tidak seperti zaman sekarang yang sudah menggunakan GPS.

Prinsip dari kompas tidak akan pernah berubah, utara tetap utara, selatan tetap selatan. Kompas akan memberitahukan posisi dimana kita berada.

Kita mempunyai kehendak bebas dan kemampuan untuk memilih (free will) yang Tuhan berikan kepada manusia sebagai ciptaan-Nya yang tertinggi.

Kehendak bebas akan memampukan kita datang kepada Tuhan karena keinginan dan kerinduan kita bukan karena terpaksa. Untuk itu kebebasan yang kita miliki harus ada arah dan petunjuknya (Kompas).

Di dalam kehidupan manusia, ada peraturan dalam kebebasan yang dibagi dalam tiga hal :

1. Moral : Prinsip hukum dan peraturan norma-norma.

2. Imoral : Segala sesuatu yang bertentangan dengan moral yang melawan hukum & peraturan.

3. Amoral : Sesuatu yang netral, biasanya berbicara tentang benda ciptaan Tuhan. Contoh : Narkotika dan alkohol yang dipakai dalam jumlah yang kecil bermanfaat bagi kehidupan kita. Namun apabila digunakan di luar ukuran yang standar/dosis akan mengakibatkan kerusakan.

1. Apakah "Kebebasan" membuat "Keterikatan" ?

1 Korintus 6 : 12 Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.

Kebebasan kita terhadap segala sesuatu jangan sampai membuat kita terikat oleh apa pun juga. Yesus sudah mati atas di kayu salib membebaskan kita dari dosa. Segala sesuatu yang bertentangan dengan Firman Tuhan akan mengikat kita kepada dosa. Jangan sampai kita diperbudak dan diikat oleh hal apapun dalam dunia ini.

2. Jangan menyalahgunakan kebebasan.

1 Petrus 2 : 16 Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.

Jangan sampai kebebasan yang kita miliki disalahgunakan sehingga membuat kita terbiasa untuk melakukan dosa. Firman Tuhan selalu mengingatkan bahwa upah dari dosa adalah maut. Ingatlah selalu bahwa kehidupan kita harus mendekat kepada Tuhan, selalu minta ampun dan bertobat meninggalkan dosa.

3. Kebebasan untuk mengasihi

Matius 22 : 37 - 39 Jawab Yesus kepadanya : "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Pergunakan kebebasan yang kita miliki untuk mengasihi Tuhan dengan melakukan perintahNya.

Pergunakan kebebasan yang kita miliki untuk mengasihi sesama seperti kita mengasihi diri kita sendiri.

4. Mengendalikan keinginan yang pernah mengendalikan kita.

1 Yohanes 2 : 16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Hidup dalam Tuhan akan membantu kita hidup bebas dari keinginan dunia. Kita boleh melakukan apa saja, tapi jangan sampai keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup bangkit dan menguasai hidup kita serta menjauhkan diri kita dari Tuhan. Sebaliknya kita harus bisa mengendalikan itu semua sehingga kita tidak lagi terjebak dalam dosa.

Christian liberty is freedom from sin, not freedom to sin

(Kebebasan Kristen adalah kebebasan dari dosa, bukan kebebasan untuk berdosa).

Rangkuman Pdt. Robert Purwadi, SE SPd :

Hari ini kita belajar tentang "Freedom Compass" yaitu memiliki arah dan tujuan dalam kita melakukan kehendak Tuhan, karena kita telah diberikan free will (kehendak bebas).

Sejak manusia diciptakan di taman Eden, Allah menaruh pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat (Kejadian 2 : 9) tujuannya untuk menguji apakah Adam dan Hawa memiliki iman dan ketaatan kepada Tuhan. Untuk itu manusia diberikan free will, tujuannya adalah agar manusia mempergunakan kebebasan itu untuk percaya dan dalam ketaatan pada Allah.

Hal itu juga diberikan kepada kita supaya kita menggunakan kebebasan dengan benar. Mari pergunakan kebebasan kita untuk kemuliaan Tuhan.

Persembahan

Detail

Follow

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email