• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdm. Theresia Cynthia Tirtadiredja, SH
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

Perjalanan hidup kita sedang menuju kemana ? Kepada iman atau ketakutan ?
 
Kita akan belajar dari dari bangsa Israel ketika mereka keluar dari Mesir menuju Tanah Kanaan. 12 Pengintai yang diutus Musa untuk mengintai tanah Kanaan, setelah 40 hari perjalanan apa yang mereka lihat sama, namun laporannya berbeda.

Bilangan 13 : 33
FEAR - sepuluh pengintai memberi kabar busuk dan berkata : “...kami seperti belalang.”

Bilangan 14 : 9
FAITH - dua pengintai (Yosua dan Kaleb) memberi kekuatan iman dengan  berkata : "... janganlah takut, sedang Tuhan menyertai kita..."

Alkitab menyatakan bahwa 12 orang pengintai itu bukan orang biasa, mereka 12 pemimpin suku Israel. Namun, yang membuat berbeda adalah sepuluh pemimpin berjalan dalam rasa takut, yang memimpin dalam asumsi dan cara pikir yang salah. Sedangkan dua pemimpin berjalan dalam iman yang memimpin kepada rasa percaya dan bertindak.

FAITH VS FEAR
Ketika kita mengalami rasa takut, renungkan lagi seberapa besar iman kita pada Tuhan. Kalau iman kita kecil, maka Tuhan terlihat kecil, sehingga rasa takut kita yang besar. Itulah yang membuat kita stuck sehingga tidak mampu melakukan apapun.

Ironisnya, rasa takut itu mengerjakan kebinasaan. Sama seperti apa yang mereka takutkan maka itulah yang menimpa mereka (Bilangan 14 : 36 - 37).

Sementara itu iman percaya mengerjakan kekekalan. Sama seperti yang mereka percayai bahwa Tuhan menyertai maka mereka masuk dan menghalau suku Enak dan tetap hidup dihadapan Tuhan (Bilangan 14 : 38).

A Different spirit (suatu spirit yang berbeda) - Bilangan 14 : 24a, “Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya ... akan Ku bawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu dan keturunan-nya akan memilikinya.”

Arti “different spirit " menurut terjemahan :

· New Living Translation (NLT) : But my servant Caleb has a different attitude than others have ... " - Sikap hati yang tidak menyerah atau menyalahkan keadaan, namun tetap dewasa bersikap dan mengemban tanggung jawab.
 
· Douay Rheims (DR), My servant Caleb, who being full of another spirit ... " Penuh Roh Kudus - mampu melihat kenyataan sulit sebagai hal luar biasa yang akan dikerjakan Roh Tuhan bersamanya.
 
· Holman Christian Standard Bible (HCSB) : My servant Caleb has followed Me completely ... " Tuntas - tidak meninggalkan panggilan tugasnya.
 
2 Korintus 4 : 18
Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara,
sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

"Beginning well is a momentary thing; but finishing well is a lifelong thing." (Ravi Zacharias)
 
Rangkuman Pdm. Roy R. Tanudjaja, MSc :
 
Hari ini kita belajar tentang Iman dan Ketakutan :

·  12 pengintai dikirim Musa bukan orang biasa, tapi pemimpin; 10 memberi laporan negatif, 2 memberikan laporan positif

· Jika kita berjalan dengan Tuhan maka berkat kekekalan menjadi bagian kita, jika tidak maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa

· Berjalanlah dalam iman, bukan dalam ketakutan

· Fungsi gereja dan orang percaya adalah membangkitkan iman bagi mereka yang mengalami ketakutan

·  Bilangan 14 : 24 - Kaleb memiliki jiwa yang lain (different spirit) dibanding dengan pengintai yang lain

· Tetaplah beriman kepada Tuhan Yesus dan nikmati berkat-berkatnya.
 
Ayub 3 : 25
Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku.
 
Tuhan Yesus Memberkati

Persembahan

Detail

Follow

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email