• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdm. Grace Suhadi
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

Doa harus menjadi gaya hidup orang percaya. Sebab dalam Doa, ada mujizat dari Tuhan. Dalam situasi dunia ditengah pandemi yang belum dapat diatasi, dapat membuat iman berguguran, mengalami kepasifan. Ini waktunya untuk tidak berhenti berdoa.

1 Petrus 4 : 7Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.

Rasul Petrus mengingatkan kita bahwa segala sesuatu sudah dekat. Oleh karena itu kita harus banyak berdoa.

Bagi orang percaya, kehidupan setiap hari adalah doa. Tiap detik, tiap menit, tiap jam, tiap waktu. Setiap hari kita harus berada dalam "roh doa".

Kita berdoa bukan hanya pada waktu tertentu saja, tetapi sepanjang hari. Ingatlah bahwa kita sedang berada di penghujung Zaman. Perhatikan peristiwa-peristiwa yang terjadi saat ini. Menghadapi masa-masa sukar sekarang ini tidak ada jalan lain, selain mencari Tuhan dalam doa :1. ALASAN UNTUK BERDOA

- Pertama dan Utama orang Percaya diperintahkan oleh Allah untuk berdoa. 

Perintah untuk berdoa diucapkan: Pemazmur (1 Tawarikh 16 : 11; Mazmur 105 : 4).Nabi (Yesaya 55 : 6; Amsal 5 : 4 & 6). Rasul (Efesus 6 : 17 - 18; Kolose 4 : 2; 1 Tessalonika 5 : 17).Juga Tuhan Yesus sendiri (Matius 26 : 41; Lukas 18 : 1; Yohanes 16 : 24). 

-  Doa adalah mata rantai penting untuk menerima berkat dan kuasa, serta penggenapan janji-janji-Nya.  

2. BELAJAR DARI NABI ELIA   

1 Raja-Raja 18 : 42 - 45, Lalu Ahab pergi untuk makan dan minum. Tetapi Elia naik ke puncak gunung Karmel, lalu ia membungkuk ke tanah, dengan mukanya di antara kedua lututnya. Setelah itu ia berkata kepada bujangnya : "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut." Bujang itu naik ke atas, ia melihat dan berkata: "Tidak ada apa-apa." Kata Elia: "Pergilah sekali lagi." Demikianlah sampai tujuh kali. Pada ketujuh kalinya berkatalah bujang itu: "Wah, awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut." Lalu kata Elia: "Pergilah, katakan kepada Ahab: Pasang keretamu dan turunlah, jangan sampai engkau terhalang oleh hujan." Maka dalam sekejap mata langit menjadi kelam oleh awan badai, lalu turunan hujan yang lebat. Ahab naik kereta lalu pergi ke Yizreel." 

Sudah berapa lama Saudara bergumul dalam doa ? Percayalah Tuhan pasti akan menjawab. 

3. SEPERTI APA DOA YANG BERKUASA Doa yang berkuasa itu seperti doa nabi Elia  yang dapat mempengaruhi cuaca (1 Raja-raja 17). -  Doa yang berkuasa adalah doa Ester yang berpuasa selama tiga hari untuk menyelamatkan bangsanya.  

-  Doa yang berkuasa membutuhkan ketekunan dan terus bertahan hingga sesuatu terjadi. 

- Salah satu kelemahan generasi zaman ini adalah tidak memiliki komitmen  untuk bertahan berdoa dalam jangka panjang.  

Ilustrasi dari Macan Tutul Afrika:Binatang tercepat di bumi ini menurut para ilmuwan adalah macan tutul Afrika. Kecepatanya berlari mencapai tujuh puluh mil perjam. Namun ada satu kelemahan pada binatang ini, dia memiliki jantung yang kecil sehingga ia cepat lelah. Jadi jika ia tidak cepat menangkap mangsanya, ia tidak dapat bertahan. Hal ini menunjukkan bahwa macan tutul tidak memiliki Kekuatan ketekunan. 

Ilustrasi dari Rajawali :Tetapi orang-orang yang menantikan Tuhan  mendapat kekuatan baru :Mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah."(Yesaya 40 : 31). 

Rajawali  yang menunjuk kepada suatu karakter ilahi, karakter yang kuat dalam setiap tantangan – apapun itu.  

Burung rajawali tidak menghindari bahaya, mereka malah menyambut badai. Dengan sayap jauh lebih besar daripada tubuhnya, ia memiliki aerodinamika yang paling sempurna.  

Oleh karenanya rajawali memiliki stabilitas ketika sedang melayang-layang di udara dan tidak takut akan pergolakan arus udara yang tidak teratur. 

Rajawali memiliki ketahanan dalam berdoa dan menantikan jawaban doa. 

4. BERDOA YANG EFEKTIF

- Berdoa dengan iman dan tulusYesus mengatakan dengan tegas: "Karena itu Aku berkata kepadamu : apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu (Markus 11 : 24). 

- Berdoa dalam nama Yesus : "Apa yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya supaya Bapa dipermuliakan didalam Anak, jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam Nama-Ku, Aku akan melakukannya."(Yohanes 14 : 13 - 14) 

Doa akan Efektif apabila dipanjatkan. KEHENDAK ALLAH. 

"Dan inilah keberanian Percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan Doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya."(Yohanes 5 : 14) 

DOSA PENGHALANG JAWABAN DOA :

Pemazmur mengatakan bahwa jika ada niat jahat dalam hati, Tuhan tidak akan mendengar doa kita (Mazmur 66 : 18).  

Yesaya berkata dosamu menjadi penghalang doa (Yesaya 59 : 2)

5. Pakailah perlengkapan senjata Allah agar daoat bertahan dalam doa kita. 

Efesus 6 : 11 -17Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis. Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu Dunia yang gelap ini melawan roh-roh jahat di udara. Sebab itu ambilah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

Jadi berdirilah tegap, berikat pinggangkan kebenaran dan berbaju zirahkan keadilan. Kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera. Dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat. Dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang roh yaitu Firman Allah

1. KENAKAN IKAT PINGGANGIkat pinggang kebenaran adalah hal pertama yang disebut Paulus, mengapa ? Jika berdasarkan urutan memakai perlengkapan perang tentu bukan ikat pinggang dulu bukan ? Namun hal ini menjadi penting dan pertama karena mengacu pada kebenaran. 

2. KENAKAN BAJU ZIRAHBaju zirah keadilan - Baju  zirah adalah pelindung dada, dimana organ penting pada tubuh berada. Demikian juga dengan keadilan, hal itu menjadi pelindung bagi hati kita. Namun disini tidak bicara tentang kemampuan kita berlaku adil yang sangat terbatas, namun kita harus berpaut kepada keadilan Tuhan, sebab Dialah yang Maha Adil. Karena kasih dan keadilan-Nya, Tuhan mengorbankan Putra-Nya yang Tunggal untuk mati di kayu salib, sehingga kita yang seharusnya binasa memperoleh hidup yang kekal. Keadilan Tuhan inilah yang melindungi hati kita. 

3. KAKIMU BERKASUTKAN KEBENARANBerkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera - Kasut adalah pelindung kaki dan membuat kita bisa berjalan dan juga berperang dengan baik. Kasus pemberitaan Injil membuat kita siap dan nyaman kemanapun Tuhan mengutus kita, sebab itu adalah perintah dan Amanat Agung Tuhan Yesus (Matius 28 : 19). Kerelaan adalah kunci bagaimana memberitakan Injil bukan menjadi sesuatu yang sulit atau berat. Sebab saat kita dengan rela mentaati perintah Tuhan, maka Dia sendiri yang memimpin dan berjalan bersama kita dalam pemberitaan Injil itu. 

4. PERISAI IMANPerisai iman - perisai adalah salah satu alat yang aktif digunakan sebagai perlindungan saat peperangan. Benda ini bisa digunakan untuk menangkis dan melindungi, demikian juga dengan iman kita kepada Yesus Kristus (Galatia 2 : 20), hal itu seperti perisai yang terbuat dari emas, sangat berharga, kuat dan penting. Yesus berkata bahwa, "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." (Yohanes 8 : 31 - 32). Kebenaran akan membuat bebas dan merdeka, tapi kebenaran tentang apa dan merdeka dari apa ? Kebenaran bahwa Yesus Kristus sudah mati di kayu salib  untuk menebusmu dan kamu dimerdekakan dari perhambaan dosa (Roma 6 : 22 - 23).  

Kebenaran inilah yang mengikat semua perlengkapan senjata Allah lainnya sehingga bisa menjadi pelindung dan senjata bagimu. 

5. KENAKAN KETOPONG KESELAMATANKetopong keselamatan - Kepala adalah bagian kritis pada tubuh manusia dan harus  dilindungi, ketopong berfungsi memberi perlindungan. Hal ini bicara tentang menjaga pikiran kita, dimana  pikiran harus fokus kepada kepada Injil  Keselamatan (Kisah Para Rasul 4 : 12) yang memberikan harapan akan hidup kekal di dalam Yesus Kristus.  

Injil Keselamatan ini akan melindungi pikiran dari serangan berbagai kekuatiran, ketakutan bahkan berbagai dokrin dan nilai-nilai dunia yang dilontarkan oleh Iblis.  

Tanpa Injil Keselamatan, pikiran akan mudah diserang dan dipengaruhi oleh berbagai tipu muslihat Iblis. 

Pedang roh - yaitu firman Allah. Jika kita lihat perlengkapan senjata Allah yang lain bersifat bertahan, satu-satunya yang bersifat menyerang adalah pedang roh. Hal ini memperlihatkan kuasa dan kudusnya firman Allah, senjata rohani yang terbesar yang pernah ada.

Sewaktu Yesus dicobai di padang gurun, Dia menggunakan Firman Tuhan untuk mematahkan setiap serangan Setan, hingga pada akhirnya Setan itu kalah dan meninggalkan Dia. Hal yang sama juga berlaku bagi kita, jika kita menggunakan firman Tuhan dalam hidup kita, kita bisa mengalahkan kuasa kegelapan.

REMA FIRMAN TUHAN :Ingat, ini hari-hari terakhir di Akhir Zaman ! Untuk hidup kita harus bernafas untuk masuk sorga kita perlu berdoa. Alasan kita harus berdoa, karena Tuhan Yesus saja berdoa, Doa adalah mata rantai Komunikasi kita dengan Allah dalam menerima berkat dan janji Allah.Bertobat dan tanggalkan dosa. Pakai perlengkapan Rohani (SENJATA ALLAH) dan Jangan Lengah  

Rangkuman oleh Pdm. Willy Santoso, BSc :

Pada pagi ini kita diingangatkan harus memiliki gaya hidup berdoa. Demikian gereja menyediakan seminar pengajaran Basic Prophetic Army agar jemaat dapat membangun kehidupan berdoa yang sangat berkuasa. 

Ada 3 hal untuk berdoa secara efektif :1. Doa dengan imanTanpa iman kita tidak dapat berdoa, kita harus yakin dan percaya bahwa apa yang didoakan akan diterima 

2. Berdoa di dalam nama Tuhan Yesus Kristus 

3. Apa yang didoakan harus sesuai kehendak Allah 

Ada satu hal lagi yaitu pengenalan akan Tuhan. Doa akan efektif bila kita mengenal kepada siapa kita berdoa. Seorang anak pada saat membutuhkan sesuatu dapat terbuka dan berkomunikasi dengan datang kepada ayahnya dibanding datang kepada orang lain yang tidak ia kenal. Hubungan (relationship) merupakan hal penting menentukan kualitas doa kita. Mari bangun keintiman terus dengan Tuhan.

Persembahan

Detail

Follow

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email