• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdp. Tirza Juliana Wibowo
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
QRcode

Tidak menjadi jaminan orang kristen memiliki karakter Kristus. Karakter Kristus terjadi karena hubungan intim kita dengan Bapa sehingga menghasilkan buah roh.

Roma 8 : 29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara .

Sekalipun kita dipilih dan ditentukan dari semula, namun kita harus melalui proses untuk memiliki karakter Kristus.

Efesus 5 : 15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif.

Karakter :

- Tabiat - watak

- Sifat-sifat kejiwaan

- Kepribadian

- Sifat khas yang dimiliki oleh individu yang membedakannya dari individu lainnya

Karunia adalah pemberian Tuhan yang menyempurnakan karakter kita. Karunia ilahi harus di imbangi dengan karakter yang baik.

3 unsur pembentukan karakter :

1. Heriditas :

Unsur yang dibawa dan diwariskan melalui DNA orang tua.

2. Komunitas :

Lingkungan dan pergaulan memiliki pengaruh besar dalam pembentukan karakter seseorang.

3. Rutinitas :

Kebiasaan sehari-hari yang mempengaruhi karakter manusia.

Seperti bangsa Israel yang harus meninggalkan karakter budak yang diperoleh dari Mesir untuk mauk tanah Perjanjian.

Roma 12 : 2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah pleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.Kita harus belajar untuk berubah dari memiliki karakter yang tidak baik menjadi baik. Dengan demikian kita memiliki integritas. Intergritas adalah kesatuan" luar" dan "dalam" (depan dan belakang) sama.

Matius 23 : 27 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran.

3 Hal yang harus kita pelajari dan miliki dari Karakter Kritus :

Integritas

Integritas adalah seorang yang tidak memiliki sikap mendua, tidak berpura-pura. Orang yang memiliki integritas adalah orang yang utuh (John Maxwell).

• Integritas Iman :

Kesatuan antara hati percaya dan mulut mengaku dengan sikap dan tindakan sehari-hari sesuai imannya.

• Integritas Diri :

Kesatuan antara perkataan dan perbuatan.

Stay Humble (kerendahan hati)

Amsal 18 : 12 Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan.

Amsal 22 : 4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan."

Beda antara gandum dan ilalang. Gandum semakin berisi semakin merunduk; sementara ilalang tidak pernah merunduk. Inilah gambaran kerendahan hati dan kesombongan

Forgiveness (Mengampuni)

Matius 6 : 12 Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami.

Ketika kita mengampuni orang yang bersalah kepada kita, maka Bapa akan mengampuni kita juga.

Matius 6 : 14 - 15 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di Sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.

Berapa kali kita harus mengampuni ?

Matius 18 : 21 - 22 Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: " Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Pengampunan adalah fondasi kasih yang kita berikan kepada sesama yang melakukan kesalahan kepada kita. Pada saat kita tidak mau mengampuni sejujurnya kita sedang merusak hubungan kita dengan Bapa. Kalau kita mau mengampuni kita memberi kesempatan orang tersebut menerima kasih Tuhan, dan dengan menganpuni kita sedang menimbun berkat dalam kehidupan kita.

Rangkuman Gembala CK7 :

1. Hari ini kita diingatkan supaya memiliki karakter Kristus dalam hidup kita. Untuk memiliki karakter Kristus kita harus memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan; CK7 memfasilitasi dengan Doa Fajar dan Menara Doa. Sesuai Kejadian 1 : 27 kita harus segambar dengan Kristus. Hal ini tidak mudah, namun yang penting harus mau diproses dan berubah.

2. Karakter Kristus dalam hidup kita dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu : Heriditas (keturunan dari orang tua), Komunitas (lingkungan dimana kita ada), dan Rutinitas (kegiatan sehari-hari). Kita harus bersedia diproses oleh Tuhan. Kalau kita cinta Tuhan, proses itu mudah. Kalau kita tidak intim dengan Tuhan maka kita susah diproses.

3. Untuk memiliki Karakter Kristus, ada 3 hal yang harus kita miliki, yaitu :

• Integritas : ini paling penting, dari awal sampai akhir kita memiliki kelakuan yang sama dan berkomitmen melakukannya (Doa Fajar dari Senin - Sabtu). Memang harus melalui proses, tapi akan menghasilkan respek dari orang lain.

• Rendah hati : ingat, kalau Saudara sukses itu karena Tuhan yang memberkati. Jangan lupa Tuhan; kalau kita lupa Tuhan semuanya akan habis.

• Mengapuni : siapa saja yang bersalah kepada kita, harus kita ampuni.

Ketiga hal di atas harus kita lalui supaya memiliki karater Kristus. Untuk itu bila Saudara menjadi pengerja, maka Saudara harus siap diproses supaya memiliki karakter Kristus.

Persembahan

Detail

Follow

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email