• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
"Aku menunggu TUHAN untuk menolong aku. Jiwaku menunggu-Nya. Aku percaya pada firman-Nya" (Mazmur 130:5, VMD).

Kuda laut (Latin: hippocampus) adalah sejenis hewan air yang hidup di lautan. Kuda laut, sesuai namanya, memang memiliki kepala yang seperti kepala kuda, bahkan menyerupai kuda kecil.

Hewan ini sering berenang bersama kuda laut lainnya, dan dengan posisi yang terlihat berdiri mencoba berbaur ke tanaman laut di dekatnya supaya tidak dimangsa hewan lain.

Kuda laut, berbeda dari ikan-ikan, bukanlah perenang yang baik. Karena itu, kuda laut akan menggunakan ekornya seperti jangkar untuk berpegangan pada rumput laut atau karang guna menunggu plankton mendekat, lalu menyedot memakai moncong panjangnya.

Karena perenang yang buruk & cenderung tetap di satu tempat, kuda laut tidak dapat berbuat banyak, apalagi berburu makanan. Tetapi Tuhan telah menyediakan semua yang dibutuhkannya, serta menciptakan hewan tersebut secara unik.

Tuhan pun menjanjikan hal yang sama kepada kita, terutama dalam hal kebutuhan-kebutuhan rohani.

"Allah yang saya layani akan membalasnya dengan mencukupi segala kebutuhanmu juga, karena Dia akan melimpahkan segala kekayaan rohani—yaitu kemuliaan surgawi, kepada kita yang bersatu dengan Kristus Yesus" (Filipi 4:19, TSI).

Tetapi, apakah kita akan mau berpegang pada janji-Nya, setia menantikan Dia, dan hidup sesuai yang diinginkan-Nya? Sebab kita manusia yang lemah, seperti halnya mungkin hippocampus tadi, kita tak bisa berbuat banyak tanpa pertolongan serta belas kasih-Nya.

(FG)

Renungan Sebelumnya