• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdp. Willy Santoso, BSc.
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

Tahun 2020 adalah Tahun Dimensi yang Baru. Dimensi yang baru berbicara tentang ukuran yang diperbesar. Ukuran yang dimaksud adalah dari sisi rohani dan jasmani. Yang terpenting adalah sisi rohani, karena sisi jasmani akan mengikuti sisi rohani.

"Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras. Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil." (Ibr. 5:12-13)

Setiap jemaat GBI PRJ harus bertumbuh didalam kerohanian karena kekristenan berbicara tentang gaya hidup. Jangan hanya berjalan di tempat yang akan mengakibatkan kejatuhan. 3 proses keselamatan yang harus kita lalui :

1. Justification (pembenaran) : pekerjaan Yesus yang utuh yang sudah Dia lakukan lewat penebusan di kayu salib

2. Sanctification (pengudusan) : proses pertumbuhan yang harus kita jalani untuk menjadi serupa dan segambar dengan-Nya

3. Glorification (pemuliaan) : Segambar dan serupa dengan Allah (Yoh 14:3)

Ciptaan yang baru (new creation) : berbicara tentang sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada

"Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang." (2 Kor. 5:17)

"Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah." (Yoh. 1:12-13)

"Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;" (Kol. 3:9-10)

Apakah arti dari ciptaan yang baru? Apa karakteristik yang datang dari predikat ciptaan yang baru?

1. Kristus Hidup dalam Kita (Gal. 2:20)

Hidup kita adalah miliknya Tuhan. Jangan kuatir terhadap apapun. Kehidupan orang diluar Tuhan adalah kehidupan perbudakan dosa. Untuk kita bisa keluar dari perbudakan hanya ada satu cara yaitu melalui Yesus. Tujuan hidup manusia adalah untuk memuliakan (melayani) Tuhan.

2. Mencari Perkara yang di Atas (Kol. 3:1-3)

Kalau kita sudah menjadi manusia yang baru prioritas kita akan berubah. Kita akan mencari perkara yang diatas. Untuk kita dapat mencari perkara yang diatas : Kita harus menyukai Firman Tuhan, mau intim dengan Tuhan, dan mau dibentuk dan dipakai untuk kemuliaan Tuhan.

3. Tubuh Kita adalah Bait Roh Kudus (1 Kor. 6:19, Gal. 5:19-21)

Pasti tidak ada dari kita yang rumahnya mau dikotori, begitu juga dengan tubuh kita. Inilah yang Yesus lakukan ketika ada orang yang berjualan di depan Bait Allah. Bagaimana kita merusak bait suci? Salah satunya adalah pada saat kita mengalah pada perbuatan daging.

4. Hidup sebagai Anak Terang (Efe. 5:8)

Kita adalah anak terang, tidak bedanya seperti sebuah bohlam. Kegelapan akan sirna ketika bohlam dinyalakan. Terus bangun keintiman dan jangan pernah pergi dari sumber-Nya.

5. Buah Kekudusan dan Kehidupan Kekal (Rom. 6:22)

Kita akan memperoleh buah kekudusan dari Tuhan pada saat kita membangun keintiman dengan-Nya.

Kita harus mengerti bahwa ada Kristus dalam hidup kita yang akan menguatkan diri kita. Kita akan menjadi orang-orang yang selalu mengucap syukur. Jaga selalu Roh Kudus sebagai penolong dalam diri kita. Hiduplah sebagai anak terang karena itu merupakan tuntutan bagi kita. Saat kita menjadi manusia yang baru kita harus terus membangun keintiman. Pada saat kita masuk proses sanctification sekalipun Tuhan mengizinkan kita dalam proses percayalah itu akan membuat kita semakin serupa dan segambar dengan Tuhan. Untuk bisa mengklaim bahwa tahun 2020 adalah tahun dimensi yang baru kita harus menjadi ciptaan yang baru terlebih dahulu.

"Namun karena kami memiliki roh iman yang sama, seperti ada tertulis: "Aku percaya, sebab itu aku berkata-kata", maka kami juga percaya dan sebab itu kami juga berkata-kata." (2 Kor. 4:13) Gembala Sidang mengatakan bahwa kita harus banyak memperkatakan Firman Tuhan. Pada saat kita perkatakan dan kita percaya maka itu akan terjadi dalam hidup kita. Pesan Gembala bulan Februari 2020 ini bahwa kita harus memperkatakan Mazmur 91 agar hati kita selalu melekat kepada Tuhan (ay. 14).

Pada bulan Februari ini juga diingatkan akan Persembahan Sulung (Ams 3:9-10) . Judul perikop dari Amsal 3 adalah "Berkat dari Hikmat". Tiga pedoman dari Persembahan Sulung : Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan (Seri The Full Life Study Bible), Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan (Seri Life Application Study Bible), The Apologetics Study Bible. Beberapa kutipan ayat dari Ams 3:9-10 dari tiga buku tersebut : Kita juga harus memberikan hasil pertama dari pendapatan kita kepada Allah, Allah menginginkan bagian pertama dari penghasilan kita, kekayaan kita adalah milik-Nya (kita hanyalah pengelola), "First produce" of your paycheck (hasil pertama dari gaji kita)

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email