Live Streaming12 April 2020, Pk. 07:00 WIB
  • Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Ev. Gina Dharmawan
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

Perhitungan kalendar dibagi menjadi dua yaitu perputaran matahari (solar/gregorian calendar) dan bulan (lunar calendar), keduanya merupakan alat untuk menghitung konsep waktu. Waktu berbicara tentang update. Di tahun-tahun ini kita harus mempersiapkan diri, dimana yang cepat akan mengalahkan yang lambat. Keadaan yang cepat membutuhkan keputusan yang tepat. Tuhan sudah memberi tahu akan apa yang terjadi (Yoh. 16:13). Konsep dasar dari perayaan tahun baru adalah selalu menutup lembar yang lama dan membuka lembar yang baru. Pada saat melangkah masuk di tahun baru & dimensi baru, perkenanan Tuhan menuntun kita melewati segala keterbatasan kita, menolong kita bangkit lebih tinggi diatas kelemahan, sehingga hidup kita menjadi tanda mujizat. Tolok ukur dalam kehidupan kita adalah kita menggenapi firman Tuhan dalam hidup.

Ayat emas tahun dimensi yang baru : "Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar." (2 Kor. 3:18), "TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia, dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya."(Ula. 28:13-14)

Pergantian tahun berarti :

1. Harus update Up to date = memperbaharui secara terus menerus supaya hidup kita relevan. Sudahkah hidup kita senantiasa up to date? (diperbaharui dengan Firman Tuhan). "dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;" (Kol. 3:10). Jalani progres, cintai proses, jauhi protes secara terus menerus.

2. Upgrade

Upgrade tidak akan terjadi kalau kita tidak update terlebih dahulu. Upgrade sifatnya berkala dan naik level ke dimensi berikutnya.

Imlek adalah hari raya budaya, bukan hari raya keagamaan. Diperingati sebagai tanda berbagi menyambut festival musim semi, yang dalam bahasa Mandarin disebut "Chunjie"; dengan sukacita mengakhiri musim dingin dan dengan semangat kebersaaman bersiap untuk musim menabur, atas kesadaran penuh bahwa hanya lewat menaburlah tuaian datang. Kepala Kajian dan Riset Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia (Aspertina) Aji Bromokusumo menyebut karena Indonesia tidak memiliki 4 musim maka kata "Imlek" lahir melalui proses serapan penduduk Nusantara terhadap istilah Hokkian "yin li" artinya lunar calendar yang dihitung berdasarkan peredaran bulan. Sincia diserap dari dialek Hokkian "xin zheng" yang dibaca "sin ceng" sebagai singkatan "xin zheng yue" yang berarti "bulan pertama yang baru".  Di Indonesia pengakuan resmi Libur Nasional pada hari raya ini terjadi pada masa pemerintah Alm. Presiden Abdurrahman Wahid (GUS DUR) tanggal 17 Jan 2000 melalui IP- Instruksi Presiden no 6/2000

- Tujuannya mangabadikan budaya bangsa dengan semangat keberagaman, sama halnya seperti perayaan di Amerika (Colonial Pilgrims Kamis keempat November = THANKSGIVING 1621-1941) yang awalnya adalah budaya PETANI atas ungkapan syukur MASA PANEN / HARVEST dengan menyediakan makanan hasil panen sayur, buah dan hasil ternak.

- Intinya bersyukur atas atas yang telah dilalui dan berharap lebih baik untuk tahun kedepan, jadi diisi dengan perayaan saling memberi / berbagi.

"Karena lihatlah, musim dingin telah lewat, hujan telah berhenti dan sudah lalu. Di ladang telah nampak bunga-bunga, tibalah musim memangkas; bunyi tekukur terdengar di tanah kita."(Kid. 2:11-12). "Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam."(Kej. 8:22) Apa yang harus kita pangkas supaya kita mendapat dimensi yang baru dalam hal berkat? Kita harus memangkas keinginan daging (1 Yoh 2:16)

Untuk menjadi bahagia dalam hidup, kita wajib mempelajari perbedaan antara apa yang kita inginkan dan butuhkan. Dimana letak perbedaan antara keinginan dan kebutuhan tergantung pada penguasaan diri.

Perbedaan keinginan (wants) dan kebutuhan (needs) :

Keinginan : yang bila tidak dipenuhi tidak berpengaruh pada keberlangsungan hidup (azas kepuasan, untuk dikendalikan, demi hak)

Kebutuhan : hal-hal yang sifatnya wajib dipenuhi untuk keberlangsungan hidup (azas manfaat, untuk dipenuhi, demi kewajiban)

Prinsip menuai tergantung taburannya. Jangan menilai setiap harimu dengan panen yang kau tuai namun dengan benih yang kau tanam.

"Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya." (Ams. 3:9-10)

Berhenti membuat alasan. Kemajuan nyata (progress) dengan alasan (excuses) tidak akan pernah sejalan. Kalau kita senang dengan alasan, hidup kita tidak akan pernah ada kemajuan. Resolusi yang disusun dalam catatan hanya akan membuat kita terjebak.

Stuck – posisi terjebak (tidak memiliki progress). Kita sudah dibebaskan oleh karya salib Kristus maka itu kita boleh dalam posisi terjebak. Iblis selalu mengintimidasi kita dengan penyesalan yang hadir dari masa lalu. Jangan terlalu sibuk dengan "kalangan sendiri". Bagaimana dengan mereka yang belum mengenal Yesus?

"STUCKED" dipengaruhi oleh faktor : KREDIBILITAS & Integritas Hidup

Integritas adalah apa yang Anda rasakan sama dengan apa yang Anda pikirkan, Anda katakan dan yang Anda lakukan ? Proverbs 11:3 (NIV): "The integrity of the upright guides them, but the unfaithful are destroyed by their duplicity.". AMSAL 11:3 (TB) : "Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya.". Psalm 25:21 (NIV) : "May integrity and uprightness protect me, because my hope, Lord, is in you.". MAZMUR 25:21 (TB) : "Ketulusan dan kejujuran kiranya mengawal aku, sebab aku menanti-nantikan Engkau.". Orang yang berINTEGRITAS tidak perlu Koleksi TOPENG.

Bagaimana dengan INTEGRITAS saya? Biarlah ayat ini boleh menjadi pegangan agar kita bisa hidup secara berintegritas YOHANES 3:20-21 :" (20) Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak; (21) tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah.". Amin..

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email