Live Streaming12 April 2020, Pk. 07:00 WIB
  • Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Ev. Gina Dharmawan
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

Berubah itu sulit, tetapi tidak mau berubah itu fatal akibatnya. Jadi, mau pilih sulit atau fatal? Pilihlah sulit. Berubah adalah bukti bahwa kita adalah anak-anak terang yang sudah benar-benar berubah untuk berbuah.

"Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran" (Ef. 5:8-9). Kalau belum, maka kita belum selaras atau sama dengan firman Tuhan, dan hidup kita masih berantakan. Proses penyelarasan butuh berubah untuk berbuah. Butuh dirapikan supaya teratur. Perhatikan tiga kata kunci ini:

1. Kebaikan: agathosune (Uprightness of heart and life atau keselarasan antara hati dengan hidup Anda). "Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat" (Fil. 4:5)!

2. Keadilan: dikaiosune (Integrity to purify life atau integritas untuk memurnikan hidupmu). "Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah" (2 Kor. 7:1). Kemurnian adalah perjalanan kehidupan kita. Proses membuat sesuatu menjadi murni dengan menghilangkan isi pokok atau inti yang kotor, membahayakan dan tidak diinginkan.

3. Kebenaran: aletheia (Truly in truth atau benar-benar hidup dalam kebenaran).

Kadang proses penyelarasan atau merapikan itu perlu diguncangkan. Mengapa? Agar tinggal tetap apa yang tidak terguncangkan. Waktu kita mengalami guncangan, itu baik bagi kita. Ini bagian dari rancangan Tuhan. Hari-hari ini kita mengalami perubahan besar yang tidak bisa dilewatkan/ditolak begitu saja. Dengan pandemi global, pasti ada perubahan hidup (Life Changing). Pilihannya: apakah Anda mau berubah dari dalam diri (kesadaran atau by willingness) ataukah keadaan di luar yang memaksa Anda (by force). "Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku" (Gal. 2:20).

Kita harus naik kelas rohani. Tidak ada jalan untuk naik kelas, selain harus lewat ujian. Hari-hari ini kita sedang menghadapi ujian bersama. Untuk terus naik kelas, pasti terus ada ujian. Jangan takut ujian, sebab dapat mendatangkan kebaikan bagi kita, tetapi takutlah bila kita tidak mau belajar. Kita semua menghadapi ujian, tetapi mungkin dalam hal berbeda, misalnya untuk tidak takut. "Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati" (Ams. 21:2).

Tidak semua orang lulus ujian. Jika kita mempersiapkan diri & mau belajar, kita akan lulus! Kadang dalam ujian pun, kalau kita bertanya/berdoa kepada Guru Agung kita, Tuhan Yesus, sepertinya tidak ada jawaban. Tahun Dimensi yang Baru hanya akan dipercayakan pada orang-orang yang telah mengalami ujian, lalu memilih menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Hal menyedihkan dalam hidup ini adalah ikut ujian, tetapi tidak lulus!

Jika kita masih hidup & sehat hari ini, itu menjadi ruang kesaksian bagi kita kepada orang-orang lain untuk memberitakan Kabar Baik dan kasih Tuhan. "Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa" (Yes. 42:6). Segala sesuatu di dunia ini sifatnya sementara, termasuk COVID-19! Yang sifatnya kekal itu adanya hanya di surga! Tetaplah tenang dalam situasi tegang.

Berubahlah selagi masih ada kesempatan. "I'm gonna make the rest of my life, the best time of my life."

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email