• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Ev. Gina Dharmawan
  • Ibadah Raya 5
  • Ev. Gina Dharmawan
  • 01 September 2019
  • Pk. 16:30 WIB
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

Kita ada di dalam era Pentakosta Ketiga. Dan kita terpilih untuk berbuah dan terlibat dalam penuaian jiwa untuk menggenapi Amanat Agung Tuhan Yesus. Tuhan telah memilih kita!

"Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu " ( Yoh. 15:16).

Kita adalah pohon buah artinya kita harus memberikan hasil panen. Untuk itu kita harus menjadi murid yaitu tertanam di dalam gereja lokal yang tetap, tidak berpindah-pindah. Tahun 2019 ini tanpa terasa telah kita lewati selama 8 bulan, dan apa yang telah kita lakukan dalam hidup ini? Firman Tuhan berkata: "Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana" (Maz. 90:12)

Dalam Alkitab mencatat, bahwa hidup manusia adalah 70 tahun, jika kuat 80 tahun (Maz. 90:10). Hidup kita sangat singkat, Tuhan mengajarkan kita menghitung hari-hari, bukan menghitung bulan. Dan jika kita membagi usia manusia yang 70 tahun di bagi menjadi 7 hari. Maka rata-rata 1 hari mewakili 10 tahun (lihat ilustrasi gambar disamping) jadi hidup kita ini hanyalah 1 minggu. Oleh karena hidup ini sangat singkat, maka waktu yang tersisa ini pergunakanlah dan isilah hidup kita dengan melakukan kehendak Allah. "supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah".( 1 Ptr. 4:2)

Bijaklah dalam mengatur pilihan dalam hidup. Kalau kita melakukan keinginan manusia, maka kita akan selalu lakukan yang terbaik untuk menang atas pilihan yang benar dan akan selalu lakukan yang terbaik untuk belajar dari pilihan yang salah.

Sebab itu kita harus melakukan kehendak Allah. Sampai kapan kita melakukan kehendak Allah? "sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus". (Efe. 4:13)

Ada proses yang harus kita lewati sampai kita mencapai tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus: 1. Masuk dalam proses J S G (Justification: masuk dalam proses pembenaran, Sanctification: masuk dalam proses pemurnian dan Glorification: masuk dalam proses pemuliaan). Jika Anda percaya bahwa ini adalah masa penuaian dan Anda turut mengambil bagian di dalamnya, maka Anda pasti tidak akan tersinggung ketika ditanya: Mana hasil panen Anda? Jika Anda tidak suka sesuatu hal (=pertanyaan diatas), maka ubahlah itu. Tetapi jika Anda tidak bisa mengubahnya, ubahlah sikap/attitude Anda. Jangan mengeluh! (If you don't like something, change it! If you can't change it, change your attitude. Don't complain!)

2. Hidup oleh karena Firman. "Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu" (Yoh. 15:3) Kita harus menguasai dan mengerti firman dan kehendak Tuhan terlebih dahulu, barulah kita bisa menjadi pemberitaan Injil! Kemudian lakukanlah penjangkauan, carilah yang terhilang! "Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran"( 2 Tim. 4:2)

3. Tertanam di gereja lokal sebagai tempat untuk bertumbuh dalam penggembalaan yang tetap. "Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku" (Yoh. 15:4) Supaya penjangkauan semakin luas maka bergabunglah di dalam Community of Love (COOL). "Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat" (Ibr. 10:24-25)

4. Jaga hati sebab semua hanya karena Anugerah-Nya. Tuhanlah yang memilih kita untuk berbuah, jadi tidak boleh ada kesombongan. "Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa".( Yoh. 15:5) Miliki hati yang baik dan murni (Yoh 8:15)

5. Hanya mempermuliakan Bapa di Surga (Yoh 15:8) "Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan" (1 Ptr. 2:9-10).

Kita dulu adalah kegelapan (= bukan umat Allah, tidak dikasihani) -> Chosen/terpilih (= rajani, kudus, umat kepunyaan Allah, beroleh belas kasihan) masuk dalam Terang-Nya yang ajaib -> untuk memberitakan perbuatan besar dari Dia -> kepada orang yang tertawan di dalam kegelapan -> supaya masuk dalam terang-Nya yang Ajaib.

Bangkitlah menjadi Penuai di dalam Kristus (Yesaya 60: 1-3)!

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email