• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Ev. Gina Dharmawan
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

Sudahkah hidup kita senantiasa "up to date" atau diperbaharui selaras dengan firman Tuhan? Agar dapat mengalami "upgrade" kita harus "up to date" dengan: Vision – Mission – Values. Dari "up to date" kepada "up grade" kita harus terus belajar! Mengapa kita harus terus belajar? Karena: Vision without technique is blind.

Visi 2PM adalah menciptakan sebuah tempat agar munculnya generasi muda yang menyembah TUHAN. Sebuah tempat dimana kita berada, dibangun, dan tumbuh dalam iman.

Misi 2PM adalah menciptakan agar kita dapat terhubung dan berkolaborasi sehingga kita siap bersinar di market place. Menciptakan sebuah rumah rohani dan juga pusat pertemuan bagi para dewasa muda pencari Kristus dan penyembah-Nya. Agar dapat membangun adalah harus punya relationship (hubungan).

Dua hal yang dapat menghancurkan hubungan apapun:

a. ekspektasi yang tidak realistis

b. komunikasi yang buruk. Karena komunikasi dan hubungan adalah seumpama oksigen dan kehidupan. Tanpa

komunikasi, maka hubungan pasti mati

A. Komunikasi adalah seni dasar kesuksesan dalam membangun hubungan pribadi dan professional.

Menurut ensiklopedia Indonesia, pengertian art/seni adalah ciptaan dari segala hal, dan karena keindahannya maka orang senang untuk melihat dan mendengarkannya.

Pengertian komunikasi adalah proses penyampaian pesan, informasi, ide, pendapat, pikiran atau perasaan kepada orang lain dengan tujuan tertentu. Siapa mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa dan efek apa? Komunikasi itu harus dibangun. Saling memahami dan saling menghargai, artinya menghargai perbedaan pendapat. Bagaimana kepribadiannya, minatnya, budayanya dan pola asuhannya?

Katakan yang penting, bukan yang penting katakan!

Komunikasi itu harus mengandung kebenaran. "Mulut orang benar mengucapkan hikmat, dan lidahnya mengatakan hukum"(Maz. 37:30); "Awasilah mulutku, ya TUHAN, berjagalah pada pintu bibirku!"(Maz. 141:3);

Komunikasi kita harus membangun. "Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman" (Mat. 12:36); "Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang"(Ams. 16:24)

B. Seberapa efektif komunikasi anda?

Komunikasi adalah keterampilan paling penting dalam hidup karena menghabiskan sebagian besar jam terbangun (tidak tidur) untuk berkomunikasi. Setiap hari 75% kita lakukan untuk berkomunikasi! Namun mengapa masih tetap terjadi pertikaian? Karena sebagian besar dipakai untuk miskomunikasi. Miskomunikasi terjadi karena adanya perbedaan perspektif dan persepsi.

Faktor yang mempengaruhi adalah:

a. kredibilitas atau integritas hidup: bagaimana hidupnya?

b. objektif/tujuan pembicaraan: jangan asal bicara (Amsal 10:17)

c. profesionalisme: gaya, sikap dan cara.

C. Tuhan Yesus Kristus adalah komunikator ulung!

Model komunikasi Tuhan Yesus:

a. waktu: kronos dan kairos

b. situasi: kapan saja/dimana saja (saat ada kebutuhan)

c. pendekatan: meruntuhkan penghalang, membangun jembatan, menyederhanakan pemahaman menggunakan perumpamaan.

d. hasil akhir: menawarkan jawaban bagi kebutuhan hidup/kabar baik.

Saat Yesus menyampaikan pesan selalu dengan jelas dan menghasilkan efek yang luar biasa karena Ia memahami pendengar-Nya. Cara berbicara dengan Zakheus berbeda dengan saat berhadapan dengan Nikodemus, dan berbeda pula dengan perempuan Samaria!

Teknik-teknik Komunikasi:

1. Pemusik. Percakapan yang mendengarkan: sebagai pemusik kita mendengarkan dengan seksama serta menemukan nada-nada sumbang yang ada di dalamnya.

2. Pelukis. Percakapan yang memperjelas melukiskan sebuah gambaran dengan menggunakan pertanyaan yang membantu.

3. Arkeolog. Percakapan yang menyingkapkan untuk menggali sejarah mereka dan menyingkapkan hambatan yang sebenarnya membelenggu.

4. Ahli Bangunan. Percakapan yang membangun kebenaran menuju keselamatan melalui pemberitaan Kabar Baik di era Pentakosta Ketiga.

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email