• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Ps. JJ Simkoputera
  • 2PM
  • Ps. JJ Simkoputera
  • 13 Oktober 2019
  • Pk. 14:00 WIB
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

"Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku." (1 Kor. 13:1-3)

Ketika kita tidak mempunyai kasih, apapun yang kita lakukan tidak ada artinya sama sekali. Dan yang lebih menariknya lagi, iman yang memindahkan gunung namun tanpa kasih adalah tidak berarti sama sekali. Kasihlah yang membuat perbedaan dalam dunia ini.

"Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu." (1 Kor. 13:4-7)

Tuhan mau hari-hari ada kasih yang radikal dalam komunitas kita. Bagaimana kasih itu dapat memberi dampak? Paulus menjabarkan apakah itu kasih dan ini menjadi refleksi bagi komunitas Korintus pada waktu itu. Komunitas Kristus pada waktu itu baru tumbuh. Mereka pada waktu itu terkenal dengan kesombongan, membandingkan orang, dan hidup dalam seks bebas.

Siapa itu Paulus? Paulus pada masa mudanya menganiaya jemaat pada waktu itu. Namun sesuatu terjadi padanya dan pada akhirnya menjadi pengikut Kristus. If you Love Well, you will Live Well (Jika anda mencintai dengan baik, anda akan hidup dengan baik). Jemaat Korintus pada waktu itu hidup jauh dari kasih yang Yesus inginkan.

Apa yang dimaksud dengan kasih yang dijabarkan oleh Paulus ini? Ini adalah sebuah radical love (kasih agape). Dalam bahasa Yunani kata kasih ada empat arti yaitu : 1. STORGÊ berarti kasih mesra dari orang tua kepada anaknya dan begitu juga sebaliknya. 2. EROS artinya kasih asmara antara pria dan wanita yang mengandung nafsu birahi. 3. PHILEÔ berarti kasih sayang yang sejati antar sahabat dekat. 4. AGAPE, artinya kasih yang tanpa perhitungan dan tanpa peduli orang macam apa yang dikasihinya.

"Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat." (Rom. 7:19)

Habitat manusia pada umumnya adalah melakukan kecenderungan untuk berbuat tidak baik dan jahat.

Apakah komunitas kita harus mengasihi dalam agape? Bagaimana caranya kita hidup dalam kasih agape?

"Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu." (1 Kor. 13:7)

Ada titik dimana kita merasa tidak sanggup lagi. Kasih agape akan terjadi ketika ada transformasi dari dalam diri kita melalui pengalaman pribadi kita ketika dijamah lewat kasih Kristus.

"Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita." (1 Yoh. 4:7-12)

Inilah yang Tuhan inginkan dalam komunitas kita, yaitu alami Dia secara pribadi terlebih dahulu. Dan hal ini yang akan kita bagikan kepada orang-orang sekitar kita.

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email