• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdp. Marcos Tampubolon, SE
  • 2PM
  • Pdp. Marcos Tampubolon, SE
  • 03 November 2019
  • Pk. 14:00 WIB
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

Dengan mengerti keadaan musim kehidupan ini kita dapat merespon dengan baik terhadap diri sendiri maupun kepada orang lain ataupun kepada komunitas kita. "Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam." (Kej. 8:22). "Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya." ( Pen. 3:1) "… everything on earth has its special season (NCV)"

5 FAKTA MENGENAI MUSIM KEHIDUPAN

1. Setiap musim ada di luar kendali kita Kita tidak dapat mengontrol musim kehidupan kita bahkan kita tidak dapat mengontrol hal-hal yang tidak mengenakkan atau tidak nyaman dan diluar kendali kita. Kita kadang harus menunggu sebuah musim dan kadang musim dapat lama dan ada terasa yang rasanya cepat. "Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian;" (Dan. 2:21). Jika kita mengalami pintu yang tertutup maupun terbuka kita harus selalu mengucap syukur karena semua ada dalam kendali Tuhan.

2. Setiap musim, seringkali tidak dapat dimengerti oleh kita "Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir." (Pen. 3:11). Kita tidak dapat mengerti apa yangTuhan mau tetapi kita harus percaya akan setiap apapun yang Tuhan ijinkan.

3. Tuhan punya rencana/tujuan untuk setiap musim "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah." (Rom. 8:28). Kita dipercayakan Tuhan bukan suatu kebetulan semua ada dalam rencana Tuhan. Karena rencana Tuhan mendatangkan kebaikan atas segala hal yang terjadi pada kita.

4. Setiap musim termasuk waktu "baik dan buruk" "Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam; ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun; ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari; ada waktu untuk membuang batu, ada waktu untuk mengumpulkan batu; ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk; ada waktu untuk mencari, ada waktu untuk membiarkan rugi; ada waktu untuk menyimpan, ada waktu untuk membuang; ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara; ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai." (Pen. 3:2-8)

Lahir – meninggal

Memeluk – menahan diri

Menanam – mencabut

Mencari – membiarkan rugi

Membunuh – menyembuhkan

Menyimpan – membuang

Merombak – membangun

Merobek – menjahit

Menangis – tertawa

Berdiam diri – berbicara

Meratap – menari

Mengasihi – membenci

Membuang batu – mengumpulkan batu

Perang – damai

Tuhan akan mengubah sesuatu menjadi indah jika kita menyerahkan semuanya kepada Tuhan, karena DIA yang menguasai hidup kita.

5. Apa yang kita tabur di satu musim, kita tuai di musim lainnya. "Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah." (Gal. 6:9) Kita jangan jemu-jemu berbuat baik karena akan menuai yang baik pada waktunya dan jika kita tidak menjadi lemah.

BAGAIMANA KITA DAPAT BERTUMBUH DALAM SETIAP MUSIM KEHIDUPAN KITA ?? 1. APA YANG BISA KITA PELAJARI DI MUSIM INI ?? Kita harus tahu apa yang Tuhan inginkan untuk kita pelajari dari setiap peristiwa (musim) yang kita alami baik waktu musim suka maupun duka. Setialah selalu dalam setiap musim yang kita alami. Selama kita hidup selalu penuh pelajaran dan selalu belajar. "Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian;" (Dan. 2:21).

2. APA YANG BISA KITA NIKMATI DI MUSIM INI ?? Banyak orang selalu ingin menikmati musim yang senang saja dan mengucap syukur tetapi kita harus menikmati dan mengucap syukur dalam setiap segala musim baik musim duka maupun musim suka. "oleh sebab itu jikalau orang panjang umurnya, biarlah ia bersukacita di dalamnya, tetapi hendaklah ia ingat akan hari-hari yang gelap, karena banyak jumlahnya. Segala sesuatu yang datang adalah kesia-siaan." (Pen. 11:8). "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." (1 Tes. 5:18) kita harus belajar mengucap syukur kepada keadaan diri sendiri dan merasa cukup. "Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajarmencukupkan diri dalam segala keadaan." (Fil. 4:11)

3. KITA MEMPERGUNAKAN WAKTU UNTUK APA DI MUSIM INI ?? Setiap orang mempunyai waktu yang sama (24 jam setiap hari), pergunakan waktu dengan baik. "Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan." (Efe. 5:15-17). Tanyakan Tuhan apa maksudnya menciptakan kita dan tujuannya apa dalam kehidupan kita.

4. APA YANG KITA LAKUKAN UNTUK ORANG LAIN DI MUSIM INI ?? "Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Ams. 3:27) "Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai." (Pen. 11:4). If you wait for perfect conditions, you will never get anything done (LB). Kita harus melakukan yang baik dalam setiap keadaan jangan menunggu keadaan menjadi baik lebih dahulu mulailah lakukan yang baik kepada orang lain di musim ini jangan menunda. Lakukan sekarang. Jangan menghakimi orang lain karena setiap orang mempunyai musimnya sendiri. Belajarlah untuk selalu merendahkan hati dalam setiap proses sampai kita benar dihadapan Tuhan.

Biarlah kita mengenal segala musimnya kita sehingga kita dapat bertumbuh dan diberkati Tuhan.

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email