• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdp. Yolanda Fergina
  • Ibadah Raya 1
  • Pdp. Yolanda Fergina
  • 03 November 2019
  • Pk. 07:00 WIB
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri tidak memetik buah anggur. Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya."( Luk. 6:44-45).

Pada tahun "Pey", kita diajarkan untuk menjaga perkataan. kita dapat menjaga perkataan dengan cara menjaga hati. karena apa yang kita perkatakan dan perbuat semua itu berasal dari hati. Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.( Ams. 4:23 ).

Dalam Markus 4, Tuhan Yesus mengajar kepada murid-murid melalui 5 perumpamaan untuk dapat menjaga hati dan iman :

1. Perumpamaan seorang penabur (Mark. 4:1-20)

Kerajaan Allah seumpama seorang penabur yang menaburkan benih di tanah. Dan Hati kita adalah tanah nya. Bagaimana benih itu bertumbuh tergantung dari sikap hati kita, jika hati kita menerima benih Firman Tuhan itu dengan baik maka benih itu juga akan bertumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang baik.

2. Perumpamaan pelita dan ukuran. (Mark. 4:21-25)

Sesudah kita mendengar, membaca dan merenungkan Firman Tuhan, kita harus yakin dan percaya bahwa Firman Tuhan adalah janji yang sudah Tuhan berikan kepada kita, walaupun kita belum melihat, kita harus tetap percaya bahwa pada waktu-Nya Tuhan akan menggenapi semua janjia-Nya. Dari situlah kualitas iman kita dilihat, dan ketika kita memiliki iman yang positif, iman itu yang akan menjadi pelita dalam hidup kita. Pada ayat 24 digaris bawahi "Camkan" yang artinya bagaimana cara kita mengukur janji Tuhan, itu juga yang akan Tuhan pakai untuk menguruk hidup kita.

3. Perumpamaan benih yang tumbuh (Mark. 4:26-30)

Firman Tuhan yang pernah kita terima, kita dengar dan kita baca, itu adalah benih yang telah ditaburkan dalam hidup kita. Benih Firman Tuhan akan bertumbuh seiring dengan sikap hati kita, jika kita memiliki sikap hati yang benar, maka benih itu akan bertumbuh, sebaliknya jika sikap hati kita salah, maka benih itu tidak akan bertumbuh. Sebagai contohnya adalah saat kita sedang mengalami masalah, jika kita memiliki sikap hati yang benar, kita akan tetap memperkatakan hal yang positif dan tetap percaya bahwa Tuhan akan menyelesaikan masalah kita. Sekalipun kita belum melihat pertolongan dari Tuhan, kita akan tetap kuat karena percaya bahwa Tuhan lah sumber kekuatan dan penghiburan.

4. Perumpamaan biji sesawi (Mark. 4:31-32)

Tuhan memberikan perumpamaan kepada kita tentang biji sesawi yang ditaburkan di tanah, dan biji sesawi adalah biji paling kecil dari segala jenis benih, tetapi biji sesawi yang ditaburkan dapat bertumbuh lebih besar dari segala jenis sayuran. Artinya walau kita hanya memiliki iman sekecil biji sesawi kepada Tuhan, tetapi Tuhan mampu melakukan hal yang besar dalam hidup kita dan membuat pertumbuhan dalam hidup kita bertumbuh lebih besar dari pada orang yang tidak memiliki iman kepada Tuhan.

5. Perumpamaan angin ribut (Mark.4:33-34)

Kepada murid-murid-Nya Ia menguraikan segala sesuatu secara tersendiri, artinya segala sesuatu yang Tuhan mau harus kita lewati, karena didalam Roma 8:28 segala sesuatu yang terjadi dalam hidup akan mendatangkan kebaikan bagi hidup kita. Bagai dan angin ribut pasti akan kita lewati, tetapi Tuhan ingin kita tetap tenang dan percaya kepada Tuhan. Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya. Percayalah kepada TUHAN selama-lamanya, sebab TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal.( Yes. 26:3-4). Tuhan ingin kita memiliki iman yang tetap Teguh didalam Dia.

Dengan kelima perumpamaan itu, Tuhan ingin mengajarkan kepada kita juga bagaimana kita menjaga hati, agar pertumbuhan iman dalam hidup kita dapat menghasilkan buah yang baik. Buah yang baik akan tercermin dari perkataan dan perbuatan kita sehari-hari. Dari situlah Tuhan ingin kita dapat menjadi berkat bagi semua orang. Amin.!

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email