• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdt. Joel Manalu
  • Ibadah Raya 5
  • Pdt. Joel Manalu
  • 24 November 2019
  • Pk. 16:30 WIB
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

"Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna, sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah, dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar, dan mengucap syukur dengan sukacita kepada Bapa, yang melayakkan kamu untuk mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang kudus di dalam kerajaan terang. Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa." (Kol. 1:9-14)

Hal yang paling terpenting dalam kehidupan kita adalah belajar mengerti apa kehendak Tuhan dalam kehidupan kita. Kalau kita diberkati, pasti ada kehendak Tuhan dalam kehidupan kita.

"Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan." (Efe. 5:17) Mengerti kehendak Allah adalah hal terpenting bagi orang percaya.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah bagaimana kita bisa mengerti kehendak Tuhan. Untuk mengerti kehendak Tuhan adalah hal yang harus terus-menerus kita lakukan dalam mengiring Yesus, bukan hanya situasional ketika kita sedang dalam masalah.

Cara mengerti kehendak Allah

1. Persembahkan hidup, itu ibadah yang sejati "Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati." (Rom. 12:1) Ibadah yang sejati adalah seluruh kehidupan kita, bukan hanya saat ibadah di gereja selama 2 jam. Pujian terindah untuk Tuhan adalah kehidupan kita. Jangan hanya menjadi Kristen identitas. Jadilah Kristen di seluruh keberadaan hidup kita.

2. Perubahan pola hidup "Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna." (Rom. 12:2) Ada beberapa kehendak yang harus dibedakan. Sebagai orang Kristen, kita akan dapat membedakannya. Arah perubahan kita sebagai orang percaya adalah jelas, yaitu menjadi seperti Kristus. Dua hal ini akan menolong kita untuk bisa mengerti kehendak Tuhan. Kekristenan kita harus diubah dari sekadar ibadah menjadi mempersembahkan hidup kita.

Ciri kehendak Allah : baik, berkenan, sempurna (Rom. 12:2). Tuhan akan menyempurnakan kita dari yang jahat menjadi baik, berkenan, dan kemudian sempurna.

Sarana yang diberikan Tuhan untuk mengerti kehendak-Nya

1. Hikmat (Sophia) (Kol 1:9) Kemampuan praktis atau pengetahuan praktis yang berasal dari Allah, dalam bentuk hikmat rohani.

2. Pengertian yang benar (Kol 1:9) Kemampuan itelegensi dalam menerima informasi, menganalisa, dan menyimpulkan dengan tepat dalam bentuk tindakan. Lewat pengertian yang benar, akan muncul hikmat dari Tuhan. Pengertian yang benar dan hikmat adalah alat Tuhan bagi kita ketika kita menghadapi masalah

"sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah, dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar," (Kol. 1:10-11)

Tujuan mengerti kehendak Tuhan

1. Kehidupan yang layak

2. Kehidupan yang berkenan

3. Kehidupan yang berbuah

4. Kehidupan yang bertumbuh

5. Kehidupan yang berkuasa

6. Kehidupan yang bersyukur

Keenam hal ini akan menjadi berkat Tuhan dalam hidup kita apabila kita mengerti kehendak-Nya.

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email