• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Ev. Jim Yost
  • Ibadah Raya 2
  • Ev. Jim Yost
  • 11 Agustus 2019
  • Pk. 09:00 WIB
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

Saat ini tercatat 900 kegerakan diseluruh dunia dan 1 kegerakan baru muncul di dunia per minggu nya. Kegerakan tidak di pengaruhi uang, posisi, kedudukan atau apapun yang ada di dunia ini, tetapi kegerakan akan dipengaruhi oleh pemimpin yang melakukan kegerakan tersebut. Pemimpin seperti apa yang memimpin kegerakan ?

Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati. Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali. Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?" Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"(Luk. 10:30-37). Ada 4 oragn terlihat dalam cerita ini.

1. Seorang Korban yang tidak berdaya.

Kadang-kadang kita kurang berempati dengan "mereka yang seharus nya tahu jalan lebih baik". Tapi jangan asumsikan mereka Tahu. Hari-hari ini dunia "malas tahu" terhadap penderitaan sesama manusia, karena kasih kita sudah menjadi dingin.

2. Seorang yang sangat Spiritual – Seorang Imam (Luk. 10:31)

Bagi dia lebih penting menjaga wibawa rohani daripada turun tangan dan membantu seorang yang dalam penderitaan. Memang kita harus "tampil beda", tampil beda bukan di dalam gereja, tetapi tampil beda didalam dunia ini, agar kemuliaan Tuhan dapat terlihat dalam hidup kita di dunia ini.

3. Seorang Aktivis Sosial – Seorang Lewi (Luk. 10:32)

Dia memprioritaskan keamanan dan kenyamanan. Padahal dia dikenal sebagai orang yang peduli di tengah-tengah masyarakat. Kegerakan-kegerakan terjadi di tempat-tempat paling berbahaya. disitulah tempat kebutuhan ada dan Reputasimu tidak sepenting apa yang kamu buat sekarang ini. Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.(Luk. 10:3). Jangan menjadi orang yang menoleh kebelakang dan melihat kegagalan masa lalu kita, karena itu akan menghambat kegerakan terjadi dalam hidup. Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."(Luk. 9:62).

4. Seorang yang tertolak – Seorang Samaria (Luk. 10:33)

Inilah seorang yang penampilan dan gaya bicara tidak terlalu "rohani", tapi orang Samaria yang melakukan kehendak Bapa di sorga. Seperti itulah Tuhan bekerja dalam kegerakan, Tuhan tidak akan memakai orang dengan jubah Rohani, tetapi sebaliknya Tuhan akan memakai orang yang memiliki pergumulan rohani, terlihat biasa saja tanpa jubah rohani dan orang yang melakukan kehendak Bapa di Sorga.

Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah orang Samaria adalah pemimpin yang di kehendaki Tuhan untuk melakukan Kegerakan. Karena :

- Dia punya "Personal Garansi" dengan pemilik penginapan (Jangan menghakimi).

- Dia satu-satunya orang yang siap membantu (Miliki Kasih).

- Hubungan baik dengan masyarakat dan pola hidup yang mirip dengan Yesus (Menjaga Hubungan).

- Itu yang diperlukan untuk "memimpin Kegerakan".(Mulai dari kegerakan kecil).

Tuhan ingin kita memiliki hati seperti seorang Samaria, memiliki kasih dan memulai sebuah kegerakan kecil untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Amin.!

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email