• Integrity Convention Centre
    Mall MGK Lt. 9
  • Contact
    021 2605 1888
  • Worship Service
    07:00 - 16:30 WIB
Pdt. Yosua Yongky Tan
  • Ibadah Raya 1, Ibadah Raya 3
  • Pdt. Yosua Yongky Tan
  • 13 Oktober 2019
  • Pk. 07:00, 11:30 WIB
Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.

"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." (Yer. 29:11)

Tuhan telah merencanakan kehidupan yang baik dan penuh harapan bagi kita semua, oleh karena itu kita harus hidup seturut dengan firman Tuhan. Jika kita ingin memiliki masa depan yang cerah kita harus memiliki jaminan, yang artinya kita harus membayar harga. Harga apa yang harus kita bayar untuk memiliki masa depan yang cerah ? "Good character is the best insurance" (Provb 11:6a MSG) Karakter yang baik merupakan jaminan untuk memiliki masa depan yang cerah, sebab melalui karakter yang baik kita dapat mengerti akan kehendak Tuhan atas hidup kita.

Jangan memperkerjakan siapapun yang tidak dapat membuktikan karakter baiknya, dan jangan bekerja sama dengan siapapun yang tidak berkarakter baik!

"Oleh sebab itu, anakku, janganlah takut; segala yang kaukatakan itu akan kulakukan kepadamu; sebab setiap orang dalam kota kami tahu, bahwa engkau seorang perempuan baik-baik." (Rut. 3:11); All the people of my town know that you are a woman of noble character (Ruth 3:11b NIV)

Di dalam kitab Ruth ada wanita yang terkenal yaitu Naomi, Orpha, dan Ruth. Dimana salah satunya adalah Naomi dan Ruth yang dikenal memiliki karakter yang baik. Karakter yang dimiliki Ruth membuat seluruh kota tersebut mengakui karakter mulianya, karakter yang baik harus mendapatkan pengakuan dari orang lain dan harus memiliki dampak bagi orang orang banyak.

Apa yang membuat Ruth dikenal sebagai wanita yang memiliki karakter yang baik / karakter mulia (noble character)? :

1. Kasih yang Tulus (Love sincerely)

"Dan dialah yang akan menyegarkan jiwamu dan memelihara engkau pada waktu rambutmu telah putih; sebab menantumu yang mengasihi engkau telah melahirkannya, perempuan yang lebih berharga bagimu dari tujuh anak laki-laki." (Rut. 4:15)

Salah satu tanda bahwa kita memiliki karakter yang baik adalah kita memiliki kasih yang tulus. Kasih yang tulus dapat dicerminkan melalui kasih seorang menantu kepada mertuanya. Ruth dan Naomi mungkin mengalami gesekan, namun hal tersebut tidak menjadikan Ruth menantu yang tidak baik, justru melalui adanya gesekan atau perbedaan dengan mertuanya tersebutlah yang membuat Ruth lebih lagi mempunyai kasih yang tulus kepada mertuanya.

2. Perkataan yang Baik (Speak with grace)

"Berkatalah Naomi: "Telah pulang iparmu kepada bangsanya dan kepada para allahnya; pulanglah mengikuti iparmu itu." Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku; di mana engkau mati, akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apapun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut!" Ketika Naomi melihat, bahwa Rut berkeras untuk ikut bersama-sama dengan dia, berhentilah ia berkata-kata kepadanya. Dan berjalanlah keduanya sampai mereka tiba di Betlehem. Ketika mereka masuk ke Betlehem, gemparlah seluruh kota itu karena mereka, dan perempuan-perempuan berkata: "Naomikah itu?" (Rut. 1:15-19)

"Orang yang mencintai kesucian hati dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja." (Ams. 22:11)

Karakter yang baik adalah memiliki perkataan yang baik dimana setiap perkataan yang kita ucapkan harus kita tepati (jangan ingkar janji!). Milikilah karakter seperti Kristus dimana selalu memiliki perkataan - perkataan yang baik, untuk dapat memiliki perkataan yang baik teruslah merenungkan firman Tuhan dan memperkatakannya.

3. Sopan (Polite)

"Tadi ia berkata: Izinkanlah kiranya aku memungut dan mengumpulkan jelai dari antara berkas-berkas jelai ini di belakang penyabit-penyabit. Begitulah ia datang dan terus sibuk dari pagi sampai sekarang dan seketikapun ia tidak berhenti." (Rut. 2:7);

"Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!" (1 Ptr. 2:17)

Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya. (Ams. 12:4)

"Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku." (Mat. 16:24)

Salah satu tanggung jawab kita sebagai orang percaya adalah menjunjung tinggi sopan santun dan nenghormati orang lain. Kita perlu punya penguasaan diri yang baik supaya kita bisa tetap sopan dan menghargai sesama kita dalam berbagai situasi.

Karakter yang baik tidak dapat kita miliki jika kita tidak membayar harga terlebih dahulu. Harga yang harus kita bayar untuk dapat memiliki karakter baik seperti Tuhan Yesus adalah dengan memiliki kasih yang tulus, memperkatakan yang baik, dan memiliki sikap yang sopan. Dengan memiliki karakter yang baik maka kita sudah mempunyai jaminan masa depan yang cerah.Amin!

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan Ringkasan Khotbah Ibadah Raya I s/d V, 2PM Service, Kebaktian Tengah Minggu, Women Of Integrity maupun Doa Fajar via Whatsapp atau Email Whatsapp Email