• Pdt. Petra Fanggidae, M.Div. M. Th
  • 30 September 2018
  • 2PM - Pk. 14:00 WIB
  • Pemesanan DVD Khotbah dapat dilakukan via telp di 021 2605 1888 / 021 2937 1333 atau melalui counter sekretariat pada saat Ibadah Raya Hari Minggu.
<< back

ATURAN MAIN DALAM KEMERDEKAAN (SERI KHOTBAH FREEDOM IN CHRIST)

Kita tahu bahwa kebebasan dan kemerdekaan hanya ada dalam Yesus Kristus. Namun ada juga kebebasan di luar Kristus. Orang yang bebas dan merdeka di dalam Kristus memiliki aturan main. Orang yang bebas di luar Kristus sangat bebas melakukan apa saja tanpa aturan main. Menyakiti, mencuri, menghianati adalah beberapa contoh kehidupan orang yang bebas di luar Kristus. Hati nurani mereka sudah ditumpulkan oleh keinginan daging mereka. Roh Allah sudah tidak bekerja dalam diri mereka.

Sesuatu yang kita dapat melalui aturan main pasti berbeda dengan apa yang kita dapat secara seenaknya. Aturan main hanya ada di dalam Kristus. Ketika kita ada dalam Kristus, hidup kita menjadi tertib. Free will dibagi dua, yaitu free will untuk bebas melakukan dosa dan free will untuk tidak melakukan dosa karena kita sudah diatur oleh Roh Kudus.

Beberapa aturan main dalam kemerdekaan :

“Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.” (Gal. 5:1)

Orang baru bisa dikatakan merdeka kalau Kristus sudah ada dalam diri mereka. Orang yang sudah dimerdekakan oleh Tuhan merasa tidak layak dan najis ketika mereka diperhadapkan dengan dosa dan akan mengikuti aturan main.

“Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.” (Gal. 5:13)

Kita sudah dimerdekakan namun jangan gunakan kemerdekaan yang kita peroleh dari Kristus untuk bebas berbuat dosa. Ketika kita sudah dimerdekakan Tuhan, karakter kita akan dirubah oleh Kristus dan kita tidak akan berkompromi dengan dosa. Kepada pasangan kita pun kita juga harus saling mengingatkan untuk hidup kudus dan tidak berbuat dosa sexual.

“Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!" (Gal. 5:14)

Bukti orang yang sudah mengalami kemerdekaan dalam Kristus yaitu tidak pernah memilih dalam pergaulan. Kasih Kristus yang tampak dalam diri mereka akan terlihat dalam pergaulan mereka. Mereka akan bergaul dengan siapa saja tanpa membedakan status sosial. Jangan berharap kita dapat mengasihi orang lain dengan kasih kalau kita tidak bisa mengurus diri kita sendiri. Manage diri kita terlebih dahulu dengan aturan main dari Kristus. Orang yang sudah merdeka dalam Kristus akan bergaul dengan kasih dan akan mempraktekan kasihnya seperti mereka mengasihi dirinya sendiri.

Kesimpulan

1. Yakinkan diri kita sudah merdeka dalam Kristus.

2. Kasihi orang lain dengan kasih Kristus dan kasihilah diri kita terlebih dahulu.

3. Tidak kompromi dengan dosa supaya hidup kita diberkati oleh Tuhan.

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"